Pengembangan Media Computer Assisted Instruction Pada Mata Pelajaran Bahasa Daerah Materi Teks Sederhana Aksara Jawa Untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Driyorejo

  • Haris Dwi Priono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan merupakan peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan tidak
dapat dipisahkan dari pembangunan Negara. Untuk menghasilkan manusia yang berkualitas, guru
di wajibkan untuk bias mengajar bermacam-macam metode sesuai dengan karakteristik masing
masing peserta didiknya. Keberhasilan dalam proses pembelajaran yang ingin dicapai oleh guru
tidak lepas dari media pembelajaran yang digunakan. Kepandaian guru dalam menggunakan media
pembelajaran berdampak positif bagi peserta untuk meningkatkan hasil belajar. Salah satu media
yang efektif untuk proses pembelajaran adalah CAI (Computer Assisted Instruction). CAI
merupakan system penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroposesor yang pelajarannya
dirancang dan deprogram ke dalam sistem tersebut.
Pengembangan media pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif merupakan-tujuan dasar pada
penelitian ini untuk mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran siswa kelas VII di
SMP Negeri 1 Driyorejo supaya siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan
media Computer Assisted Instruction (CAI). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation) dan menggunakan teknik analisis data
kuantitatif dan analisis data persentase dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa
angket. Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Driyorejo
yang sedang menempuh mata pelajaran Bahasa Daerah.
Hasil dari penelitian ini divalidasi oleh validator ahli media, validator ahli RPP dan
validator ahli materi. Hasil validasi kelayakan media Computer Assisted Instruction (CAI) mendapat
persentase kualitas 87,5% masuk pada kategori “sangat baik”. Hasil validasi materi mendapat
persentase kualitas 100% masuk pada kategori “sangat baik”, sedangkan penilaian pada validasi
RPP mendapatkan persentase kualitas 100% yang artinya media pembelajaran CAI dengan materi
Teks Sederhana Menggunakan Aksara Jawa layak digunakan untuk siswa kelas VII di SMP Negeri
1 Driyorejo. Dapat disimpulkan hasil penelitian dan pembahasan produk yang dihasilkan dari
penelitian adalah berupa media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan siswa sebagai sarana sumber
belajar yang membantu siswa dalam mempelajari materi TeksSederhana Menggunakan Aksara Jawa.
Kata-kunci : Computer Assisted Instruction (CAI), Bahasa-Daerah, Aksara-Jawa

ABSTRACT
Education is an important role in the intellectual life of the nation and cannot be separated
from the development of the State. To produce quality human beings, teachers are required to be
able to teach various methods according to the characteristics of each student. The success in the
learning process to be achieved by the teacher cannot be separated from the learning media used.
The teacher's skill in using learning media has a positive impact on participants to improve learning
outcomes. One of the effective media for the learning process is CAI (Computer Assisted
Instruction). CAI is a microprocessor based learning material delivery system whose lessons are
designed and programmed into the system.
The development of interactive multimedia-based learning media is the basic objective of
this research to overcome various obstacles in the learning process of class VII students at SMP
Negeri 1 Driyorejo so that students are more active in the learning process by using Computer
Assisted Instruction media (CAI). This study uses the ADDIE method (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation) and uses quantitative data analysis techniques and
percentage data analysis using a data collection instrument in the form of a questionnaire. The
subjects of this development research were students of class VII SMP Negeri 1 Driyorejo who were
taking Regional Language subjects.
The results of this study were validated by media expert validators, RPP expert validators
and material expert validators. The results of the validation of the feasibility of the Computer
Assisted Instruction (CAI) media got a quality percentage of 87.5% in the "very good" category.
The results of the validation of the material get a 100% quality percentage in the "very good"
category, while the assessment on the RPP validation gets a 100% quality percentage, which means
that the CAI learning media with Simple Text Using Javanese Script is suitable for use for class VII
students at SMP Negeri 1 Driyorejo. It can be concluded that the results of research and discussion
of the products resulting from the research are in the form of learning media that can be used by
students as a means of learning resources that assist students in studying Simple Text using Javanese
Script.
Keywords: Computer Assisted Instruction (CAI), Local Language, Javanese Alphabet

Published
2021-05-24
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 76