Video Pembelajaran Feature Materi E-Book Kelas X Multimedia SMKN 10 Surabaya

  • Wira Ilyasa Wicaksono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran feature
sebagai media pembelajaran pada materi menganalisis pembuatan e-book mata pelajaran Simulasi
dan Komunikasi Digital kelas X SMKN 10 Surabaya. Model pengembangan yang dipilih adalah
model pengembangan menurut Warsita dengan 3 tahap besar, yaitu (1) tahap perancangan, (2)
tahap produksi, dan (3) tahap evaluasi. Akan tetapi karena situasi dan kondisi yang tidak
memungkinkan, langkah uji lapangan dan reproduksi & penyebaran pada tahap evaluasi tidak
dilakukan oleh penulis. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu teknik
observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket terbuka berupa
lembar validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi dan ahli media
menunjukan bahwa media termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut,
penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran feature layak digunakan sebagai
media pembelajaran pada materi menganalisis pembuatan e-book mata pelajaran Simulasi dan
Komunikasi Digital kelas X Multimedia SMKN 10 Surabaya.
Kata Kunci : media video pembelajaran, feature, e-book.

Abstract
This study aims to determine the feasibility of learning feature videos in learning
materials of analyzing the making of e-books for simulation and digital communication cources
class X Multimedia at State Vocational High School 10 Surabaya. The development models which
choose is Warsita development models with 3 major phases: (1) Design Phase, (2) Production
Phase, and (3) Evaluation Phase. However due to unfavorable situations and conditions, the
developer did not undertake the field testing and reproduction & dissemination steps at the
evaluation phase. The data collection methods used by developer is interview and observation
techniques. This research instrument used an open questionnaire in the form of material expert
and media expert validation sheets. The results of the material expert and media expert validation
show that the media is included in the very feasible category. Based on these results, this study
shows that learning feature videos is suitable for use as media in the learning materials of
analyzing the making of e-books for simulation and digital communication cources class X
Multimedia at State Vocational High School 10 Surabaya.
Keywords : learning video, feature, e-book.

Published
2021-05-24
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 288