Pengembangan Video Tutorial Mata Pelajaran Fotografi Untuk Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo

  • Rangga Nanda Putra Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Kristanto Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya http://orcid.org/0000-0002-8127-2707

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media video pembelajaran berbasis tutorial guna meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran fotografi siswa kelas XI SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and development (R&D), yang langkah-langkahnya yaitu penelitian, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk dan tahap akhir revisi produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket terbuka, yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa media video pembelajaran tutorial termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut, maka video tutorial pembelajaran fotografi layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk dapat digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci : video tutorial, fungsi-fungsi tombol kamera.

 

                                                                                              Abstract

         The research aims to develop learning video to improve the achievement of the competence of multimedia knowledge in class XI students of photography material. The research method used is the development of Research and Development (R&D), whose steps are research, data collection, product design, design validation, product trials and the final stage of product revision. The data collection methods used are observation and interview. The research instrument used is an open questionnaire, which is a validation sheet of material and media experts. Both of validation results show that the learning tutorial video can be categorized feasible. Based on the validation, learning tutorial video of photography is feasible to be used as a learning medium.

Keywords: video tutorials, camera key functions.

Published
2021-05-24
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 45