Pengembangan Multimedia Mobile Learning Materi Revolusi-Revolusi Besar Dunia Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI Di SMA Sejahtera Surabaya

  • Ilham Qimtifar Siregar Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sulistiowati Sulistiowati Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media mobile learning yang dikembangkan
pada mata pelajaran Sejarah, materi revolusi-revolusi besar dunia, untuk kelas XI di SMA Sejahtera
Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Langkah-langkah
pengembangan mengikuti model DDD-E (Decide,Design,Develop,Evaluation). Jenis data yang diambil yaitu
data kuantitatif yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket. Langkah pertama adalah
memutuskan tujuan dari pengembangan media setelah menentukan tujuan dari pengembangan dipilih desain
media yang tepat sesuai karakteristik materi, peserta didik dan media, setelah itu dilakukan pengembangan
media, serta dilakukan evaluasi pada proses pengembanganya. Untuk mengetahui kelayakan media peneliti
melakukan validasi dengan dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Dari validasi media didapatkan data
yang kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase dan diperoleh hasil kelayakan materi sebesar 100%
dan kelayakan media sebesar 77%. Kedua hasil tersebut selanjutnya dimasukkan dalam kriteria penilaian
persentase tergolong “layak”. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media mobile learning yang
telah dikembangkan telah layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : pengembangan, mobile learning, DDD-E, revolusi-revolusi besar dunia

Abstract
The objectives of this study is, to determine the feasibility of the mobile learning media. Media was
developed in History subject, material for the Worlds Great Revolutions, for class XI at SMA Sejahtera
Surabaya. The method used in this research is development research. The development steps follow the
DDD-E (Decide, Design, Development, Evaluation) model. The type of data taken is quantitative data
obtained using a questionnaire instrument. The first step is decide project goals, after decide the project
goals, the right media design is chosen according to the characteristics of the material, students and media,
after that media development is carried out, evaluation is carried out in the development process. To
determine the feasibility of the media, the researcher validated two experts, namely a material expert and a
media expert. From the validation of the media, data was obtained which were then analyzed using a
percentage formula and the results of the feasibility of the material were 100% and the media feasibility was
77%. The two results are then included in the percentage assessment criteria classified as “feasible”. Thus,
it can be concluded that the mobile learning media that has been developed are feasible and can be used in
learning.
Keywords: development, mobile learning, DDD-E, history of world great revolutions

Published
2021-07-08
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 40