Pengembangan Media Computer Assisted Instruction Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Australian Defense Force English Profiling System Untuk Tingkat III Di Akademi Angkatan Laut

  • Jessica Novalanda Bambuta Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan yang baik saat ini adalah suatu sistem pendidikan yang mampu menghasilkan sumber
daya manusia yang seimbang antara segi intelektual dengan segi moralitas (Suwija, 2012, p 67).
Kurikulum di Indonesia sudah mengalami perubahan terhadap kalender akademik, materi, jam
pelajaran dan sistem penilaian peserta didik yang akan berpengaruh. Demikian juga pada sistem
kurikulum dan media pembelajaran pada pendidikan di Akademi Angkatan Laut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang berbasis Multimedia
Interaktif untuk mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran taruna di AAL supaya
taruna lebih aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Computer Assisted
Instruction (CAI). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian pengembangan ini adalah taruna Akademi
Angkatan Laut tingkat III yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Inggris.
Penelitian ini di validasi oleh validator ahli media, validator ahli materi dan validator ahli RPP.
Penilaian dari validasi ahli materi memperoleh skor 36 dengan persentase kualitas 90% sehingga
penilaian dari validator ahli materi termasuk dalam kategori “sangat baik”. Penilaian pada validasi
ahli media memperoleh skor 35 Dengan persentase kelayakan 87,5% sehingga sehingga penilaian
dari validator ahli media termasuk dalam kategori “sangat baik”. Penilaian dari validasi RPP
memperoleh skor 38 dengan persentase kualitas 95% sehingga penilaian dari validator ahli materi
termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dari penilaian validasi ini maka media pembelajaran
Computer Assisted Instruction (CAI) untuk taruna tingkat III Akademi Angkatan Laut dinyatakan
“layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris dan dapat dimanfaatkan
sebagai alternatif media pembelajaran mandiri bagi taruna.
Kata kunci : Computer Assisted Instruction (CAI), Australian Defense Force English Languange
Profiling System (ADFELPS), Taruna Akademi Angkatan Laut

ABSTRACT
Good education today is an educational system capable of producing balanced human
resources between the intellectual and the moral aspects (Suwija, 2012, p. 67). In Indonesia, the
curriculum has undergone changes which will affect the academic calendar, materials, lesson hours
and student assessment systems. Likewise, the curriculum system and learning media in education
at the Navy Academy.
This study aims to develop interactive multimedia-based learning media to overcome
various obstacles in the learning process for cadets at AAL so that cadets are more active in the
learning process using the Media Assisted Instruction (CAI). This research uses the Research &
Development (R&D) method which consists of several steps, namely: potential and problems, data
collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision,
usage testing, product revision and mass product revisions. The subjects in this development
research trial were cadets of the 3rd level of the Navy Academy who were taking English courses.
This study was validated by media expert validators and material expert validators. The
evaluation of the material expert validation obtained a score 36 with a quality percentage 90% so
that the evaluation of the material expert validator was included in the “very good” category. The
assessment on the media expert validation gets a score 35. With the percentage of eligibility 87,5%
So that the assessment of the media expert validator is included in the “very good” category. The
evaluation of the RPP validation obtained a score 38 with a quality percentage 95% so that the
evaluation of the material expert validator was included in the “very good” category. From this
validation assessment, the Computer Assisted Instruction (CAI) learning media for cadets at level
III of the Naval Academy is declared "feasible" to be used as an English learning medium and can
be used as an alternative to independent learning media for cadets.
Keywords: Computer Assisted Instruction (CAI), Australian Defense Force English Language
Profiling System (ADFELPS), Cadets of the Navy Academy

 

Published
2021-07-09
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 116