Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cara Menanggapi Pembacaan Puisi Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Driyorejo

  • Tuhfatul Khoiriyah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan yang baik merupakan sebuah sistem pendidikan yang dapat membuahkan sumber
daya manusia yang seimbang antara segi moralitas dengan segi intelektual (Suwija, 2012, p67). Guru
diharuskan mampu untuk berusaha mengaitkan materi dalam proses kehidupan peserta didik ke
dalam pelajaran serta memfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk belajar memecahkan
permasalahan kehidupan dalam memanfaatkan pengetahuan yang sudah dipelajari merupakan makna
paradigm pembelajaran bermutu yang diuraikan. Demikian juga pada peserta didik di SMP Negeri 1
Driyorejo. Penelitian ini bertujuan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Driyorejo yang
mengalami kesulitan belajar dalam cara menanggapi pembacaan puisi serta pengadaan media yang
tidak memadai, sehingga rendahnya hasil belajar siswa. Dengan demikian, pengembangan
memerlukan pemecahan masalah dengan media video pembelajaran sehingga media yang
dikembangkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar pada peserta didik dalam proses
pembelajaran. Pengembang menggunakan model ADDIE pada penelitian ini dengan memiliki 5
tahap dalam proses pembuatan media tersebut yaitu, analyze, design, develop, implement, dan
evaluation. Jenis penelitian menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan
angket. Dengan demikian penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja.
Berdasarkan hasil penelitian ini, media video pembelajaran “layak” digunakan dalam kegiatan
belajar mengajar dan mendapatkan persentase data hasil validasi dari ahli materi sebesar 100%
dengan mendapatkan kategori “sangat baik”. Hasil validasi dari ahli media mendapatkan data
persentase sebesar 87,5% dengan kategorial “sangat baik”. Sedangkan hasil validasi dari ahli RPP
mendapatkan data persentase sebesar 100% dengan kategorial “sangat baik”. Dengan demikian
disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran “layak dan efektif” digunakan dalam
kegiatan pembelajaran pada pokok materi cara menanggapi pembacaan puisi bagi siswa kelas VIII
di SMP Negeri 1 Driyorejo.
Kata kunci : Media video pembelajaran, Cara menanggapi pembacaan puisi, kelas VIII

ABSTRACT
Good Education today is an education system that is able to pruduce human resources that
are balanced between intellectual and moral aspects (Suwija, 2012, p 67). Teachers are required to
be able to try to link the material in the life processes of students into lessons and to facilitate and
guide students to learn to solve life problems in utilizing the knowledge that has been learned which
is the meaning of the quality paradigm described. Likewise for students at SMP Negeri 1 Driyorejo.
This study aims for class VIII students at SMP Negeri 1 Driyorejo who have learning difficulties in
responding to poetry readings and inadequate media procurement, resulting in low student learning
outcomes. Thus, development requires problem solving with instructional video media so that the
developed media can increase student interest and motivation in learning in the learning process.
The developer uses the ADDIE model in this study by having 5 stages in the process of making the
media, namely, analyze, design, develop, implement, and evaluate. This type of research uses data
collection methods in the form of interviews and questionnaires. Thus, this research is only at the
development stage.Based on the results of this study, the learning video media was "appropriate" to
be used in teaching and learning activities and the percentage of data validation results from
material experts was 100% by getting the "very good" category. The validation results from media
experts get the percentage data of 87.5% with the category "very good". While the results of the
validation from the RPP experts get the percentage data of 100% with the "very good" category.
Thus, it is concluded that the use of "proper and effective" learning video media is used in learning
activities on the subject matter of how to respond to poetry reading for class VIII students at SMP
Negeri 1 Driyorejo.
Keywords: Learning video media, How to respond to poetry reading, class VIII

Published
2021-07-09
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 68