Pengembangan Media Mobile Learning Berbasis Android Materi Pembuatan Desain Berbasis Gambar Vektor Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Untuk Kelas X Jurusan Multimedia Di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya

  • Firman Hadi Wijaya Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

 Tujuan penelitian ini ada dua, yaitu 1) untuk mengembangkan sebuah produk berupa media pembelajaran mobile learning, dan 2) untuk mengetahui kelayakan media. Media dikembangkan pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis, materi Pembuatan desain berbasis gambar vektor, untuk kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Langkah-langkah pengembangan mengikuti model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Jenis data yang diambil yaitu data kuantitatif yang diperoleh dengan menggunakan instrumen angket. Langkah pertama adalah analisis masalah, setelah masalah ditemukan maka dipilih desain media yang tepat sesuai karakteristik materi, siswa dan media, setelah itu dilakukan pengembangan media. Sedangkan untuk langkah penerapan media tidak dilakukan dengan alasan masih dalam masa pandemi covid-19. Untuk mengetahui kelayakan media maka peneliti melakukan validasi dengan dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Dari validasi media didapatkan data yang kemudian dianalisis menggunakan rumus persentase dan diperoleh hasil kelayakan materi sebesar 100% dan kelayakan media sebesar 100%. Kedua hasil tersebut selanjutnya dimasukkan dalam kriteria penilaian persentase tergolong “sangat layak”. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media mobile learning yang telah dikembangkan telah layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

 Kata kunci : pengembangan, mobile learning, ADDIE, pembuatan desain berbasis gambar vektor

 

Abstract

 There are two objectives of this study, 1) to develop a product in the form of mobile learning media, and 2) to determine the feasibility of the media. Media was developed in Basic Graphic Design subjects, vector-based design materials for class X at SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. The method used in this research is development research. The development steps follow the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) model. The type of data taken is quantitative data obtained using a questionnaire instrument. The first step is problem analysis, after the problem is found, the right media design is chosen according to the characteristics of the material, students and media, after that media development is carried out. Meanwhile, the media application step was not carried out on the grounds that it was still in the covid-19 pandemic period. To determine the feasibility of the media, the researcher validated two experts, namely a material expert and a media expert. From the validation of the media, data was obtained which were then analyzed using a percentage formula and the results of the feasibility of the material were 100% and the media feasibility was 100%. The two results are then included in the percentage assessment criteria classified as “very feasible”. Thus, it can be concluded that the mobile learning media that has been developed are feasible and can be used in learning.

Keywords: development, mobile learning, ADDIE, vector image-based design

Published
2021-07-09
Abstract Views: 83
PDF Downloads: 39