Pengembangan Video Tutorial Mata Pelajaran Desain Grafis Materi Pengenalan Tool Photoshop Bagi Murid Kelas X Di SMKN 2 Buduran

  • Dimas Sistitaah Zamakhsyah Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media video pembelajaran berbasis tutorial guna meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran photoshop siswa kelas X SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research and development (R&D), yang langkah-langkahnya yaitu penelitian, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba produk dan tahap akhir revisi produk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket terbuka, yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukan bahwa media video pembelajaran tutorial termasuk dalam kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut, maka video tutorial pembelajaran photoshop layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk dapat digunakan dalam pembelajaran. Bahan yang digunakan dalam bentuk disc atau dvd. Validasi desain merupakan proses uji kelayakan produk yang dilakukan terhadap ahli materi dan ahli media yang sudah ahli dibidangnya. Berdasarkan hasil dariperhitungan disetiap aspeknya yaitu 73%, untuk hasil nilai yang didapatkan dari persentase nilai yaitu 89%, ini menujukan bahwa media pembelajaran video ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa kelas X di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

Kata kunci : video tutorial, tool photoshop

 

                                                                                              Abstract

         The research aims to develop learning video to improve the achievement of the competence of multimedia knowledge in class X students of photoshop material. The research method used is the development of Research and Development (R&D), whose steps are research, data collection, product design, design validation, product trials and the final stage of product revision. The data collection methods used are observation and interview. The research instrument used is an open questionnaire, which is a validation sheet of material and media experts. Both of validation results show that the learning tutorial video can be categorized feasible. Based on the validation, learning tutorial video of photoshop is feasible to be used as a learning medium. Materials used in the form of disc or dvd. Design validation is a product feasibility test process carried out on material experts and media experts who are experts in their fields. Based on the results of calculations in each aspect, that is 73%, for the results obtained from the percentage value of 89%, This shows that this video learning media is suitable for use in learning for class X students at SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo.

Keywords: video tutorial, photoshop tool

Published
2021-07-09
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 33