Pengembangan Media Audio Materi Perkenalan Diri Pada Mata Pelajaran Bahasa Jepang Kelas XII Di SMK Negeri 1 Jombang

  • Nickita Ellena Putri Ichwan Wijaya Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sulistiowati Sulistiowati Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa media audio pembelajaran bahasa Jepang materi perkenalan diri untuk kelas XII di SMKN 1 Jombang, serta mengetahui kelayakan produk tersebut. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Pustekkom Bambang Warsita, yang terdiri dari 3 tahap utama, yaitu: (1) tahap perancangan, (2) tahap produksi, dan (3) tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi terdapat sub tahapan yaitu uji lapangan, yang tidak dilakukan dengan alasan dalam masa pandemi Covid-19. Jenis data dari penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah skala Guttman yang kemudian dianalisis dan diolah menggunakan perhitungan persentase. Langkah  uji validasi dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli media. Uji validasi dilaksanakan untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. Hasil dari uji validasi diperoleh data sebagai berikut: Hasil uji kelayakan desain pembelajaran oleh ahli desain pembelajaran sebesar 90%. Sedangkan hasil uji kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 100%. Hasil uji kelayakan media oleh ahli media sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, selanjutnya dimasukkan dalam kriteria persentase tergolong “baik sekali”.  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media audio materi perkenalan diri pada mata pelajaran bahasa Jepang untuk kelas XII SMKN 1 Jombang, telah layak  dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio, Perkenalan Diri, Bahasa Jepang

Abstract

The development research was carried out with the aim of producing a product in the form of Japanese language learning audio media, self-introduction material for class XII at SMKN 1 Jombang, as well as knowing the feasibility of the product. The development step used is the Bambang Warsita Pustekkom method, which consists of 3 main stages, namely: (1) the design stage, (2) the production stage, and (3) the evaluation stage. At the evaluation stage, there are sub-stages, namely field tests, which were not carried out on the grounds of the Covid-19 pandemic. The type of data from this study is quantitative data obtained from a questionnaire instrument. The data analysis technique used is the Guttman scale which is then analyzed and processed using percentage calculations. The validation test step was carried out by 3 experts, namely learning design experts, material experts, and media experts. Validation test is carried out to determine the feasibility of the resulting product. The results of the validation test obtained the following data: The results of the learning design feasibility test by learning design experts were 90%. While the results of the material feasibility test by material experts are 100%. The results of the media feasibility test by media experts are 100%. Based on these results, then it is included in the percentage criteria classified as "very good". Thus, it can be concluded that the audio media of self-introduction material in Japanese subjects for class XII of SMKN 1 Jombang, has been feasible and can be used in the learning process.

Keywords: Development, Audio, Introduce Myself, Japanese

Published
2021-07-09
Abstract Views: 134
PDF Downloads: 160