Pengembangan Media Video Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Debat Kelas X Di SMA Negeri 19 Surabaya

  • Imam Maulana Putra Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Sulistiowati Sulistiowati Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji kelayakan media video pembelajaran yang layak digunakan pada materi pokok Debat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X SMA Negeri 19 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara untuk studi pendahuluan atau penelitian awal untuk mengetahui masalah serta angket untuk mengetahui kelayakan media yg dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Analisis data angket menggunakan pengukuran dengan skala likert, hasil pengukuran menunjukkan persentase dari penilaian para ahli, Uji kelayakan Materi Pokok Debat oleh ahli materi adalah sebesar 100%. Uji kelayakan media video oleh ahli media adalah sebesar 96%. Kedua hasil tersebut termasuk dalam kriteria penilaian yang sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Video Pembelajaran Debat telah layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik kelas X di SMA Negeri 19 Surabaya.

Kata Kunci : Media, Video Pembelajaran, Debat, Bahasa Indonesia

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to test egibility of instructional video media that are suitable for use on the subject matter of Debate in Indonesian for class X Public Senior High School 19 Surabaya. The development model used in this study is the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. Data collection techniques in the form of observation and interviews for preliminary studies or preliminary research to find out problems and questionnaires to determine the feasibility of the media carried out by material experts and media experts. Analysis of questionnaire data using measurements with the likert scale, the measurement results show the percentage of the experts' assessment, the feasibility test of the subject matter of the debate by material experts is as big as 100%. The media video feasibility test by a media expert is 96%. Both of these results are included in the very proper assessment criteria. So it can be concluded that the Debate Learning Video Media is feasible and can be used in the learning activities of class X students at Public Senior High School 19 Surabaya.

 Keywords : Media, Learning Video,  Debate, Indonesian

Published
2021-07-09
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 128