Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Materi Sejarah Dan Klasifikasi Perhotelan Mata Pelajaran Industri Perhotelan Untuk Kelas XI Perhotelan di SMKN 1 Jombang

  • Savina Nur Hidayah Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian pengembangan Mobile Learning Berbasis Android ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk Mobile Learning tentang Materi Sejarah dan Klasifikasi Perhotelan pada mata pelajaran Industri Perhotelan untuk siswa kelas XI Perhotelan di SMKN 1 Jombang, (2) Untuk mengetahui kelayakan dari produk Mobile Learning tentang Materi Sejarah dan Klasifikasi Perhotelan pada Mata Pelajaran Industri Perhotelan untuk siswa kelas XI Perhotelan di SMKN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1989). Pada model pengembangan ini terdapat 10 tahapan dalam prosesnya, namun pada penelitian kali ini peneliti memodivikasi bberapa tahapan yang digunakan dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang sedang terdampak pandemic Covid-19. Tahapan yang dilakukan yaitu  lima dari sepuluh tahapan yang ada, meliputi : (1) Pengumpulan Data (2) Perencanaan (3) Desain Produk (4) Validasi Produk (5) Revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Perhotelan SMKN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa angket untuk Uji Kelayakan Materi kepada Ahli Materi, Uji Kelayakan Media untuk ahli media dan Uji Kelayakan Bahan Penyerta untuk Ahli Media. Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan diperoleh dari hasil analisis data yang ada bahwa Mobile Learning ini dikategorikan Sangat Baik Baik menurut Kriteria Penilaian dari (Arikunro,2009) dengan mendapat nilai 94,73% pada ahli media. Proses perhitungan data menggunakan skala Likert, sehingga Mobile Learning tentang materi Sejarah dan Klasifikasi Perhotelan ini dapat disimpulkan bahwasannya media layak digunakan dalam proses pembelajaran

Kata Kunci : Pengembangan, Mobile Learning Sejarah dan Klasifikasi Perhotelan, Industri Perhotelan.

Abstract

This Android-Based Interactive Multimedia development research aims are: (1) produce Interactive Multimedia products on History Materials and Hospitality Classification in Hospitality Industry subjects for Class XI Hospitality students at SMKN 1 Jombang, (2) To determine the feasibility of Interactive Multimedia products on Historical Materials and Classification of Hospitality in Hospitality Industry Subjects for students of class XI Hospitality at SMKN 1 Jombang. This study uses the R&D (Research and Development) development model developed by Borg and Gall (1989). In this development model there are 10 stages in the process. Researchers modified several stages that were used and adapted to environmental conditions due to the Covid-19 pandemic. This research uses 5 out of 10 stages, including: (1) Collecting Data; (2) Planning; (3) Product Design; (4) Product Validation; (5) Revision. Research subject is students of class X majoring in hospitality administration. This study used a data collection instrument in the form of a questionnaire to test the feasibility of the material for the material expert, the media feasibility test for the media expert and the feasibility test for the guidebook for the media expert. The results of the feasibility test obtained from the analysis of existing data that this interactive multimedia is categorized very well according to the assessment criteria of (Arikunto, 2009) with a score of 94.73% by media experts. The data calculation process uses a Likert scale so it can be concluded that the use of interactive multimedia as learning media in the History and Hospitality Classification material is appropriate to use in the learning process.

Keywords : Development, Interactive Multimedia in History and Hospitality Classification Material, Hospitality Industry.

Author Biographies

Savina Nur Hidayah, Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Andi Mariono, Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya

Published
2021-07-09
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 106