PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKS EKSPOSISI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAOSPATI MAGETAN

  • Atika Wulan Permata Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rancangan membuat elektronik modul (e-modul) dan (2)
efektifitas penggunaan e-modul untuk meningkatkan hasil belajar materi teks eksposisi mata pelajaran
Bahasa Indonesia. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dalam penelitian ini menggunakan
metode wawancara, angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif dan analisis
statistik inferensial. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) E-modul layak sebagai sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran
dengan tingkat validasi dari ahli materi (93,75%), ahli media (94,44%), desain pembelajaran (95,31 %).
(2) E-modul efektif dalam pembelajaran berdasarkan peningkatan nilai rata-rata saat dilakukan uji coba,
yaitu saat sebelum penerapan media e-modul nilai rata-rata siswa (pretest) 58,84 sedangkan setelah
dilakukan penerapan menggunakan media e-modul dalam pembelajaran nilai rata-rata siswa menjadi
85,50 dengan selisih perbandingan keduanya adalah 26,66. Ini berarti media e-modul teks eksposisi mata
pelajaran bahasa Indonesia layak dan mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 2
Maospati Magetan
Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Hasil Belajar
Abstract
This study aimed to (1) Design of the electronic module, and (2) the effectiveness of the use of e-module
to improve learning outcomes of exposition text in Bahasa Indonesia lesson. This type of research is
development research using the ADDIE model. The data in this study used interview, questionnaires, and
test. The collected data were analyzed by qualitative descriptive and inferential statistical analysis (t-test).
This research design is One Group Pretest Posttest. The result showed that: (1) E-modules are feasible as
learning resources used in learning with a level of validation from material experts (93,75%), media
experts (94,44%) , learning design experts (95,31). (2) The e-module is effective in learning based on the
increase in the average score during the trial, before the application of the e-module media the average
score of students (pretest) was 58.84 while after the implementation of using the e-module media in
learning the average value students become 85.50 with the difference between the two comparisons is
26.66. This means that the e-module media exposition text of Indonesian subjects is feasible and able to
improve the learning outcomes of class VIII students of SMPN 2 Maospati Magetan.
Keywords: Development, E-module, Learning outcomes

Published
2021-07-09
Abstract Views: 375
PDF Downloads: 360