PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI ORGAN GERAK MANUSIA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MIN 1 TRENGGALEK
Abstract
Abstrak
Berdasarkan studi pendahuluan di MIN 1 Trenggalek kelas V pada materi organ gerak manusia pada pembelajaran
tematik peneliti mendapatkan informasi mengenai kondisi nyata pada proses pembelajaran materi tersebut. Bahwa
dalam proses pembelajaran terdapat permasalahan atara lain yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran
dalam pembelajaran tematik IPA materi organ gerak manusia, keterbatasan materi yang termuat dalam modul
membuat siswa kesulitan dalam pendalaman materi, selain kurangnya variasi pembelajaran yang digunakan dikelas
mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
multimedia interaktif yang layak digunakan pada proses pembelajaran tematik materi organ gerak manusia kelas V
MIN 1 Trenggalek. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket yang
diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif yang
dikembangkan. Hasil analisis data uji kelayakan mendapatkan kategori sangat layak dengan rentang nilai 91% -
100% . Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif layak untuk
diterapkan dalam proses pembelajaran tematik materi organ gerak manusia kelas V MIN 1 Trenggalek.
Kata Kunci: pengembangan, multimedia interaktif, organ gerak manusia,ADDIE
Abstract
Based on a preliminary study at MIN 1 Trenggalek grade V on the material of human movement organs in
tematik learning, researchers get information about the real condition in the learning process of the material.
There are probles in the learning process, that are, limited learning media of human movement organs, the
limitations of the material contained in the module make diffuclt to students to understand material, beside
the lack of variety of lerning make students being less active in participating in learning. This study aims to
develop interactive multimedia that is suitable for use in the tematik learning process fot human movement
organs in grade V MIN 1 Ttrenggalek. The development model used in this research is ADDIE (Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation). The method used in collecting data is in the form of a
questinnair given to material experts and media experts to determine the level of feasibility of interactive
multimedia developed. The results of the feasibility test data analysis get a very feasible category with a
value range of 91% - 100%. So it can be concluded that the development of interactive multimedia learning
media can be said to be feasible to be applied in tematik learning process of human movement organ material
for class V MIN 1 Trenggalek
Keywords: development, interactive multimedia, human movement organs, ADDIE
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

