Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone Materi Daur Biogeokimia Mata Pelajaran Biologi Untuk Kelas X di MAN 2 Tuban
Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan
prosedur model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Tujuan
dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif berbasis smartphone untuk materi daur
biogeokimia pada mata pelajaran Biologi yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Subjek
dalam penelitian adalah 21 peserta didik kelas X MIPA di MAN 2 Tuban. Pengumpulan data penelitian
menggunakan lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran untuk
menguji kevalidan, serta lembar penilaian kognitif peserta didik untuk menguji keefektifan. Teknik
analisis data kelayakan pengembangan media menggunakan rumus persentase dari Sugiyono. Analisis
data keefektifan menggunakan Uji-T untuk mengetahui pengaruh media terhadap hasil belajar dan uji
N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil kevalidan media pembelajaran yang
berdasarkan penilaian:(1) validasi ahli materi diperoleh hasil 88,89% (sangat baik), (2) validasi ahli
media diperoleh hasil 100% (sangat baik), (3) validasi oleh ahli desain pembelajaran diperoleh hasil
100% (sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut diperoleh rata-rata 96,29% dapat dikategorikan sangat
layak digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan diperoleh dari analisis hasil pretest dan posttest
peserta didik dengan perolehan nilai uji gain sebesar 0,51 yang masuk pada kategori sedang dan nilai
thitung sebesar 8,009 > ttabel sebesar 1,72, yang berarti posttest peserta didik lebih tinggi dari pretest
peserta didik. Sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan efektif untuk digunakan dalam
pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Daur Biogeokimia
Abstract
The research is a development research (Research and Development) using the ADDIE development
model procedure (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The purpose is to develop
smartphone-based interactive multimedia for biogeochemical recycling materials in Biology subjects
that are feasible and effective for learning. The subjects are 21 students of class X MIPA at MAN 2
Tuban. Collecting research data using validation sheets for material, media, and learning design experts
to test the validity, as well as student assessments to test effectiveness. The data analysis technique for
the feasibility of media development uses the percentage formula from Sugiyono. Effectiveness data
analysis using T-test to determine the effect of media on learning outcomes and N-Gain test to determine
the increase in learning outcomes. The results of the validity of the learning media based on the
assessment: (1) material expert validation obtained results of 88.89% (very good), (2) media expert
validation obtained 100% (very good) results, (3) validation by learning design experts who obtained
results 100% (very good). Based on the results obtained an average of 96.29% can be categorized as
very suitable for learning. The effectiveness is obtained from the analysis of the student's pretest and
posttest results with the gain test score of 0.51 which is included in the medium category and the t count
value of 8.009 > ttable of 1.72, which means that the student's posttest is higher than the student's pretest.
So that this learning media can be said to be effective for learning.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Biogeochemical Cycle
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

