Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Reservasi Individu Mata Pelajaran Front Office Kelas XI Jurusan Perhotelan di SMKN 1 Jombang

  • Rizky Khairani Majiid Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran materi Reservasi
Individu pada mata pelajaran Front Office jurusan Perhotelan SMKN 1 Jombang yang layak dan efektif digunakan
pada pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implement and Evaluate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat
kelayakan media dan juga tes untuk menguji keefektifan media. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan dari
validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase nilai sebesar 100%,
validasi oleh siswa untuk mengetahui kelayakan berdasarkan daya tarik mendapat nilai sebesar 99,19%. Hasil uji
Paired Sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sama dengan 0,000 atau kurang
dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada
pretest dan posttest dengan peningkatan rata-rata antara nilai pretest dengan posttest adalah sebesar 20.00 poin.
Maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: pengembangan, media video pembelajaran, reservasi individu, front office
Abstract
This development research aims to produce instructional video media for Individual Reservations in
Front Office subjects majoring in Hospitality at SMKN 1 Jombang which is feasible and effective to use on
instructional. The development model used is the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and
Evaluate) model. The data collection technique used is a questionnaire to determine the feasibility of the media
and also a test to examine the effectiveness of the media. Based on the results of data analysis, obtained from
validation by material experts, media experts, and learning design experts, they get a score percentage of 100%,
validation by students to determine eligibility based on attractiveness gets a score of 99.19%. The results of the
Paired Sample t-test showed the value of Sig. (2-tailed) is equal to 0.000 or less than 0.05, so it can be stated that
there is a significant difference between learning outcomes in the pretest and posttest with an average increase
between the pretest and posttest scores of 20.00 points. So it can be concluded that this learning video media is
feasible and effective to use in learning.
Keywords: development, learning video media, individual reservation, front office

Author Biographies

Rizky Khairani Majiid, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Andi Kristanto, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2021-12-29
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 272