PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN PELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA ANTARTIKA SIDOARJO
Abstract
Abstrak
Pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk multimedia interaktif berbasis android yang layak dan
interaktif dalam membantu pembelajaran Fisika materi Besaran dan Satuan bagi siswa kelas X SMA. Pada
penelitian ini, media dikemas dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses pada semartphone android yang
dirancang berdasarkan Kopetensi Dasar terkait dengan konsep Besaran dan Satuan, ketepatan, ketelitian,
angka penting serta notasi ilmiah. Pengembangan multimedia interaktif ini menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) oleh Branch (2009),
dikarenakan pada saat ini masih adanya pandemi COVID-19 yang mana pihak lembaga sekolah masih
menerapkan sistem pembelajaran dari rumah maka dalam penerapannya model ini hanya menggunakan tiga
tahapan yaitu analyze, design, dan development dikarenakan pengambilan data juga tidak dilakukan secara
langsung ke lapangan. Dalam teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil
penelitian ini ditunjukkan bahwa validasi materi ditinjau dari aspek isi sangat baik dengan presentase
sebesar 100%. Uji kelayakan media mendapatkan presentase 100% dan validasi bahan penyerta yang sudah
dilakukan revisi mendapatkan hasil 100% sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis
android layak digunakan oleh siswa kelas X SMA Antartika Sidoarjo dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Fisika, Besaran dan Satuan.
Abstract
This development aims to create an Android-based interactive multimedia product that is feasible and
interactive in helping the learning of Physics material for Quantities and Units for class X high school
students. In this research, the media is packaged in the form of an application that can be accessed on an
android smartphone which is designed based on Basic Competencies related to the concepts of Quantity
and Unit, accuracy, accuracy, significant figures and scientific notation. The development of this
interactive multimedia uses the ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation)
development model by Branch (2009), because at this time there is still a COVID-19 pandemic in which
school institutions are still implementing a learning system from home. This method only uses three stages,
namely analyze, design, and development because data collection is also not carried out directly in the
field. In the data analysis technique using qualitative descriptive analysis. The results of this study indicate
that the validation of the material in terms of the content aspect is very good with a percentage of 100%.
The media feasibility test got a percentage of 100% and the validation of the accompanying materials that
had been revised got 100% results so it can be concluded that android-based interactive multimedia is
suitable for use by class X students of Antarctica Sidoarjo High School in learning.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Physics, Quantities an Units
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

