Pengembangan Video Motion Graphic Materi Komunikasi Non Verbal untuk Mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kelayakan media video motion graphic 2) untuk mengetahui
keefektifan media video motion graphic terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa semester satu prodi S1
Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya pada mata kuliah komunikasi pembelajaran. Metode penelitian
menggunakan penelitian pengembangan dengan model yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model
ADDIE dengan prosedurnya yaitu analyze, design, development, implementation and evaluate. Teknik pengumpulan
data yang diterapkan dalam penelitian ini ialah menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Untuk menguji
kelayakan media dan materi peneliti memberikan instrumen uji kelayakan kepada ahli media dan ahli materi.
Berdasarkan validasi kelayakan dari ahli materi diperoleh hasil sebesar 91,67 % dan kelayakan media dan bahan
penyerta diperoleh hasil sebesar 90 %. Selain itu peneliti juga memberikan angket pada mahasiswa semester satu
teknologi pendidikan untuk mengetahui validasi dari pengguna. Analisis data dari angket mahasiswa tersebut
mendapatkan nilai 87%. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh media video motion graphic terhadap peningkatan
hasil belajar mahasiswa menggunakan tes dengan desain kelas eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design
melalui 25 soal pilihan ganda pretest maupun posttest yang diberikan kepada 38 mahasiswa. Kemudian data
dianalisis melalui SPSS 25. Pada analisis yang diperoleh nilai posttest lebih tinggi dari pretest dengan selisih
28.553. Dari nilai pre test dan post test yang diberikan kepada 38 mahasiswa, didapatkan hasil uji normalitas
tersebut diperoleh nilai signifikansi 0,2 > 0,05 maka nilai dapat dinyatakan berdistribusi normal dan dilanjutkan
dengan uji paired t test ditunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 dengan artian H0 ditolak dan H?
diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa video motion graphic dinyatakan sangat layak
digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan media video motion graphic efektif dapat berpengaruh terhadap
peningkatan hasil belajar mahasiswa semester satu prodi S1 Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
pada mata kuliah komunikasi pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, motion graphic, komunikasi non verbal
Abstract
The objectives taken in this study were 1) to determine the feasibility of motion graphic video media 2) to determine
the effectiveness of motion graphic video media on improving student learning outcomes in the first semester of
assigned to students majoring in Undergraduate Study Program of Education Technology in State University of
Surabaya in the subject of learning communication. The research method uses development research with the model
used in this study using the ADDIE model with the procedures, namely analyze, design, development,
implementation and evaluate. The data collection technique applied in this research is to use documentation,
questionnaires and tests. To test the feasibility of the media and materials, the researcher gave a questionnaire
instrument for the feasibility test to media experts and material experts. Based on the validation of the feasibility of
the material experts obtained the results of 91.67% and the feasibility of the media and accompanying material
obtained results of 90%. In addition, the researchers also gave a questionnaire to students to determine the validation
from users to a large group of 38 students. Data analysis from student questionnaires got a value of 87 %
Furthermore, to test the effectiveness of motion graphic video media on student learning outcomes, using a test with
an experimental design of One-Group Pretest-Posttest Design through 25 multiple choice questions pretest and
posttest given to 38 students. Then the data was analyzed by using the paired T Test through SPSS 25. In the
analysis obtained from the pre test and post test given to 38 students using the paired T Test, the value of sig. (2-
tailed) was 0.00 < 0.05, which means H0 is rejected and H? is accepted. Thus it can be concluded that motion
graphic video is declared very suitable for use in learning activities and video motion graphic media can effectively
improve the learning outcomes of first semester students majoring in Undergraduate Study Program of Education
Technology in State University of Surabaya in the subject of learning communication.
Keywords: development, motion graphic, non verbal communication
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

