PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO/RADIO MATERI FORMAT PENYAJIAN PROGRAM AUDIO BAGI MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Authors

  • Dian Arubi Arum Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) Untuk menghasilkan hasil akhir berupa sebuah produk Video
Motion graphic dengan materi Format Penyajian Program Audio mata kuliah Pengembangan Media
Audio/Radio pada peserta didik S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. (2)
Untuk mengetahui kelayakan dari media Motion graphic dengan menggunakan angket dan didapatkan hasil
bahwa persentase kelayakan validasi ahli materi mendapatkan 85%, ahli media 85% dan bahan penyerta
89,3% dengan analisis data menggunakan skala Likert yang menunjukkan bahwa materi, media dan bahan
penyerta sangat layak digunakan saat pembelajaran. (3) Untuk mengetahui keefektifan media Video Motion
graphic dengan cara menggunakan uji coba pre-test dan post-test. Hasil pre-test menunjukkan hasil nilai
rata-rata 63,89, setelah dilakukan penerapan media video motion graphic menunjukkan peningkatan hasil
nilai dengan rata-rata 87,34. Dengan selisih perbandingan 24,67 dapat dikatakan bahwa media video motion
graphic dengan materi Format Penyajian Program Audio layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar
mahasiswa S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Kata Kunci: pengembangan, motion graphic, format penyajian program audio
Abstract
The objectives of this development research are (1) To produce a final result in the form of a Video Motion
graphic product with Audio Program Presentation Format material for Audio/Radio Media Development
courses for undergraduate students, Curriculum and Educational Technology, State University of Surabaya.
(2) To determine the feasibility of Motion graphic media using a questionnaire and the results obtained that
the percentage of eligibility for validation of material experts is 85%, media experts are 85% and
accompanying materials are 89.3% with data analysis using a Likert scale which shows that the material,
media and accompanying material is very suitable for use during learning. (3) To determine the effectiveness
of Video Motion graphic media by using pre-test and post-test trials. The results of the pre-test showed an
average score of 63.89, after the application of motion graphic video media showed an increase in the score
with an average of 87.34. With a comparison difference of 24.67, it can be said that motion graphic video
media with Audio Program Presentation Format material is feasible and effective to improve student learning
outcomes for Undergraduate Curriculum and Educational Technology.
Keywords: development, motion graphic, audio program presentation format.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dian Arubi Arum, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Khusnul Khotimah, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-01-04
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 219