PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATERI PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SARANA PRASARANA UNTUK KELAS XII OTP SMK NEGERI 1 JOMBANG

Authors

  • Anharu Wikotama Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar S. Bachri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Produk aplikasi mobile learning berbasis android merupakan hasil dari pengembangan media
pembelajaran materi pengadaan sarana dan prasarana khususnya untuk kelas XII OTP SMK Negeri
1 Jombang. Kelayakan media menjadi tujuan agar aplikasi dapat digunakan maksimal dalam
pembelajaran. Rancangan aplikasi dalam penelitian ini sesuai dengan kompetensi dasar tentang
pengadaan sarana dan prasarana. Model pengembangan yang digunakan yakni ADDIE (Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dalam pelaksanaannya menggunakan
tiga tahapan yaitu analyze, design, dan development. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi ditinjau dari aspek isi
sangat baik dengan persentase 100 %. Uji kelayakan media mendapatkan hasil persentase 100 %
dan validasi bahan penyerta media mendapatkan hasil persentase 100 % sehingga dapat
disimpulkan media aplikasi mobile learning layak digunakan siswa kelas XII OTP SMK Negeri 1
Jombang dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Aplikasi Mobile Learning, Pengadaan Sarana dan Prasarana.
Abstract
Android-based mobile learning application products are the result of the development of learning
media materials procurement facilities and infrastructure, especially for class XII OTP SMK
Negeri 1 Jombang. Media eligibility becomes the goal so that applications can be used optimally
in learning. The design of applications in this research is in accordance with basic competencies
on the procurement of facilities and infrastructure. The development model used is ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) but in its implementation uses three
stages, namely analyze, design, and development. Data analysis techniques use quantitative
descriptive analysis. The results of this study show that the validation of material reviewed from
the aspect of content is very good with percentage 100 %. Media feasibility tests get a 100%
percentage result and validation of media participation materials get a 100% percentage result so
that it can be concluded that mobile learning application media is suitable for students of class XII
OTP SMK Negeri 1 Jombang in learning.
Keywords: Development, Mobile Learning Application, Procurement of Facilities and Infrastructure

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anharu Wikotama, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Bachtiar S. Bachri, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-01-05
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 196