PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI POKOK FLORA DAN FAUNA ALAM INDONESIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 1 WONOSALAM JOMBANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah multimedia interaktif untuk materi pokok
Flora dan Fauna Alam Indonesia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri
1 Wonosalam Jombang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan
pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Model ADDIE ini
memiliki prosedur yang kompleks sehingga sesuai jika digunakan pada mata pelajaran yang berorientasi
pada aspek intelektual dan afektif. Kelayakan dari multimedia interaktif ini diukur berdasarkan hasil
wawancara dan uji validasi melalui angket. Data angket yang diperoleh akan dianalisis menggunakan
rumus Skala Likert untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan. Hasil uji
validasi ahli materi mendapatkan persentase 97%. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan persentase
95%. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif untuk materi pokok Flora dan Fauna Alam
Indonesia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Wonosalam Jombang
mendapatkan kategori sangat layak dengan hasil rata-rata persentase berada pada rentang skala 81%-
100%.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Flora dan Fauna Alam Indonesia, Ilmu
Pengetahuan Sosial.
ABSTRACT
This study aims to develop an interactive multimedia for the subject matter of Indonesian Natural
Flora and Fauna in the Social Sciences subject of class VII at SMP Negeri 1 Wonosalam Jombang. This
study uses the ADDIE model which has 5 stages of development, namely Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation. This ADDIE model has a complex procedure so that it is
suitable for use in subjects that are oriented to the intellectual and affective aspects. The feasibility of
this interactive multimedia was measured based on the results of interviews and validation tests through
questionnaires. The questionnaire data obtained will be analyzed using the Likert Scale formula to
determine the feasibility of the interactive multimedia developed. The results of the validation test for
material experts get a percentage of 97%. The results of the validation test for media experts get a
percentage of 95%. So it can be concluded that interactive multimedia for the subject matter of Fauna
Indonesia in the Social Sciences subject for class VII at SMP Negeri 1 Wonosalam Jombang gets a very
decent category with the average percentage results in the 81%-100% scale range.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Indonesian Natural Flora and Fauna, Social Sciences.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

