PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATERI TEKS EKSPOSISI ANALITIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI SMK NEGERI 1 JOMBANG

Authors

  • Hashfi Dwika Putra Rosanto Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. H. Andi Mariono, M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan produk media pembelajaran multimedia
Interaktif untuk materi Teks Eksposisi Analitis mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI SMK Negeri 1
Jombang dan Multimedia Interaktif ini berbasis Android. Model pengembangan yang digunakan
adalah model ADDIE, model ini memiliki 5 tahapan: yaitu analisis, perancangan, pengembangan,
implementasi dan evaluasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan angket,
ditujukan kepada ahli materi dan media yang bertujuan untuk mengukur kelayakan Multimedia
Interaktif. Peneliti menggunakan tolak ukur penilaian dengan skala Guttman. dan selanjutnya akan
diukur tingkat presentase kelayakan Multimedia Interaktif tersebut. Kelayakan materi pada multimedia
interaktif yang dilakukan melalui uji coba Ahli Materi didapatkan presentase sebesar 100%, yang
termasuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba Ahli Media didapatkan presentase sebesar 90,9%,
yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia
interaktif ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran Teks Eksposisi Analitis pada mata pelajaran
Bahasa Inggris kelas XI SMK Negeri 1 Jombang.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Eksposisi Analitis, Bahasa Inggris.
ABSTRACT
This study aims to develop interactive multimedia learning media products for Analytical
Exposition Text material for class XI English subjects at SMK Negeri 1 Jombang and this Interactive
Multimedia is based on Android. The development model used is the ADDIE model, this model has 5
stages: analysis, design, development, implementation and evaluation. Data were obtained through
interview and questionnaire techniques, addressed to material and media experts with the aim of
measuring the feasibility of Interactive Multimedia. Researchers used the assessment benchmark with
the Guttman scale. and then the percentage level of the Interactive Multimedia eligibility will be
measured. The feasibility of the material on interactive multimedia which was carried out through the
Material Expert trial was obtained by a percentage of 100%, which was included in the very feasible
category. In the Media Expert trial, a percentage of 90.9% was obtained, which was included in the
very feasible category. From the above, it can be concluded that this interactive multimedia is suitable
for use in learning Analytical Exposition Texts in English class XI SMK Negeri 1 Jombang.
Keywords : Development, Interactive Multimedia, Analytical Exposition, English.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hashfi Dwika Putra Rosanto, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Dr. H. Andi Mariono, M.Pd., Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Rosanto, H. D. P., & Mariono, M.Pd., D. H. A. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATERI TEKS EKSPOSISI ANALITIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI SMK NEGERI 1 JOMBANG. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 12(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/44198
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 641