PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI PERMAINAN ALAT MUSIK SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 50 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif yang
layak digunakan pada materi permainan alat musik sederhana mata pelajaran Seni Budaya kelas VII di
SMP Negeri 50 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media
menggunakan model ADDIE oleh Branch (2009). Model ADDIE yang diimplementasikan memiliki 5
tahapan sederhana yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket kelayakan untuk ahli materi serta ahli
media. Dari data yang telah dikumpulkan, kegiatan selanjutnya yaitu analisis data untuk menghitung
kelayakan multimedia interaktif yang dikembangkan dengan menggunakan skala likert interval 1-5. Hasil
perhitungan kelayakan yang didapatkan untuk kelayakan materi oleh ahli materi sebesar 100% dengan
kategori sangat layak. Sedangkan untuk kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media didapatkan hasil
sebesar 86% dengan kategori sangat layak, dan kelayakan buku penyerta oleh ahli media sebesar 80%
dengan kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil perhitungan tersebut media yang telah
dikembangkan layak untuk membantu dan menunjang kegiatan pembelajaran pada materi permainan alat
musik sederhana mata pelajaran Seni Budaya kelas VII di SMP Negeri 50 Surabaya.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Seni Budaya, ADDIE.
Abstract
This research was conducted with the aim of producing an interactive multimedia product that is suitable
for use in simple musical instrument game materials for the VII grade cultural arts subject at SMP Negeri
50 Surabaya. The development model used to develop the media uses the ADDIE model by Branch (2009).
The ADDIE model implemented has 5 simple stages, namely, Analysis, Design, Development,
Implementation and Evaluation. The data collection instruments used were interviews and feasibility
questionnaires for material experts and media experts. From the data that has been collected, the next
activity is data analysis to calculate the feasibility of interactive multimedia developed using a Likert
interval scale of 1-5. The results of the feasibility calculation obtained for the feasibility of the material
by material experts are 100% in the very feasible category. Meanwhile, for the feasibility of the media
carried out by media experts, the results obtained were 86% in the very feasible category, and the
feasibility of accompanying books by media experts was 80% in the appropriate category. So it can be
concluded from the results of these calculations that the media that has been developed is feasible to
assist and support learning activities on simple musical instrument game material for Class VII Cultural
Arts subjects at SMP Negeri 50 Surabaya.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Cultural Arts, ADDIE.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

