PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PLATFORM PERSONAL COMPUTER & ANDROID MATERI SALES PROMOTION MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RETAIL KELAS XI SMK NEGERI 1 JOMBANG
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif
bagi peserta didik kelas XI materi Sales Promotion pada mata pelajaran kewirausahaan di SMKN 1
Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, yang mana teknik
analisis data menggunakan statistik deskriptif. Melalui hasil uji kelayakan yang sudah dilakukan, adapun
hasil yang diperoleh pertama dari uji ahli materi mendapatkan persentase sebesar 93.3% untuk materi
Pengelolaan Bisnis Retail. Kedua, dari uji ahli desain pembelajaran mendapatkan persentase sebesar
80.7% untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Dari uji ahli media mendapatkan persentase
kelayakan sebesar 85.7% untuk multimedia interaktif, Uji coba perseorangan yang dilakukan kepada 2
orang peserta didik mendapatkan presentase yakni sebesar 84.2%, dan Uji coba kelompok kecil yang
dilakukan kepada 7 orang peserta didik mendapatkan presentase yakni sebesar 85.1%. Melalui uji
keseluruhan validitas yang telah dilakukan mendapatkan hasil persentase perantara 80.7%-93.3% maka
dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif materi Pengelolaan Bisnis Retail untuk kelas XI di SMK
Negeri 1 Jombang ini dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam menunjang tujuan pembelajaran
dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Materi Sales Promotion.
ABSTRACT
This research is the basis for developing learning media in the form of interactive multimedia for
class XI students of Sales Promotion material on entrepreneurship subjects at SMKN 1 Jombang. The
research method used is a quantitative research method, in which the data analysis technique uses
descriptive statistics. Through the results of the feasibility test that has been carried out, the first results
obtained from the material expert test get a percentage of 93.3% for the Retail Business Management
material. Second, the learning design expert test got a percentage of 80.7% for the Learning
Implementation Plan (RPP), From the media expert test it got a feasibility percentage of 85.7% for
interactive multimedia, individual trials conducted on 2 students got a percentage of 84.2%, and Small
group trials conducted on 7 students got a percentage of 85.1%. Through the overall validity test that has
been carried out, it can be concluded that the Interactive Multimedia Retail Business Management
material for class XI at SMK Negeri 1 Jombang is declared feasible to be used in supporting learning
objectives in teaching and learning activities.
Keywords : Development, Interactive Multimedia, Sales Promotion Teachings.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

