PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII SMP NEGERI 50 SURABAYA

  • Rakhmat Arie Widyaiswara Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar S. Bachri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk untuk pembelajaran
berupa Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yaitu ADDIE.
Model ini menerapkan beberapa tahap yakni Analyze, Design, Development, Implementation,
Evaluation. Dalam pengembangan memperoleh data melalui teknik wawancara dan angket. Tujuan
dari wawancara dan angket yaitu untuk mengetahui kelayakan dari media, materi dan bahan
penyerta. Instrument angket yang digunakan untuk uji kelayakan pengembangan ini yaitu
menggunakan skala likert. Kelayakan materi, dilakukan melalui uji coba ahli materi dengan
mendapatkan persentase sebesar 76%, yang termasuk dalam kategori baik. Kelayakan media yakni
dengan melakukan uji coba kepada ahli media, mendapatkan persentase sebesar 91,8% yang
termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya, uji coba kepada ahli media untuk kelayakan
bahan penyerta mendapatkan persentase sebesar 96% yang termasuk dalam kategori sangat baik.
Dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif Berbasis Android ini layak digunakan untuk proses
kegiatan pembelajaran materi zat aditif dan zat adiktif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam
kelas VIII di SMPN 50 Surabaya.
Kata Kunci : Pengembangan Multimedia Interaktif, Zat Aditif dan Zat Adiktif, Ilmu Pengetahuan
Alam
Abstract
This study aims to develop a product for learning in the form of Android-Based Interactive
Multimedia Material Additives and Addictive Substances in Natural Science Subjects. This study
uses a development model, namely ADDIE. This model applies several stages, namely Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation. In the development of obtaining data through
interview techniques and questionnaires. The purpose of interviews and questionnaires is to
determine the feasibility of the media, materials and accompanying materials. The questionnaire
instrument used for the feasibility test of this development is using a Likert scale. The feasibility of
the material was carried out through a material expert trial by getting a percentage of 76%, which
was included in the good category. The feasibility of the media, namely by conducting trials with
media experts, got a percentage of 91.8% which was included in the very good category.
Furthermore, the trial to media experts for the feasibility of accompanying materials got a percentage
of 96% which was included in the very good category. It can be concluded that this Android-Based
Interactive Multimedia is suitable for use in the learning process of additives and addictive
substances in natural science subjects for class VIII at SMPN 50 Surabaya.
Keywords : Development of Interactive Multimedia, Additives and Addictive Substances, Natural
Science

Author Biographies

Rakhmat Arie Widyaiswara, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Bachtiar S. Bachri, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 201
PDF Downloads: 273