PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO MATERI PIDATO PERSUASIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX DI SMP PGRI TUMBRASANOM BOJONEGORO

  • Ditya Shalsabella Universitas Negeri Surabaya
  • Dra. Sulistiowati, M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini dilaksanakan bertujuan menghasilkan produk berupa media audio
pembelajaran dengan berjudul “Mari Belajar Pidato Persuasif” yang layak digunakan dalam kegiatan
pembelajaran materi pidato persuasif mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX SMP PGRI Tumbrasanom.
Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1)
tahap analisis, (2) tahap perencanaan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, dan (5) tahap
evaluasi. Pada tahap implementasi tidak dilakukan sampai pada tahap uji coba, melainkan hanya pada
tahap kelayakan dikarenakan keterbatasan kondisi saat ini yang masih terjadi wabah virus Covid-19
sehingga pembelajaran tatap muka masih dilakukan secara daring. Jenis data yang digunakan penelitian ini
berupa data kuantitatif pada uji validitas dengan instrument angket. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis data skala Likert. Uji validitas dilakukan dengan cara pemberian angket kepada para ahli yaitu ahli
bahan ajar Bahasa Indonesia dan praktisi lapangan yaitu guru Bahasa Indonesia SMP PGRI Tumbrasanom
dan ahli media yang merupakan dosen Program Teknologi Pendidikan yang mengampu mata kuliah
Pengembangan Media Audio di suatu perguruan tinggi yang bergelar minimal S-2 Teknologi Pendidikan.
Hasil uji validitas ahli materi memperoleh penilaian sebesar 86% dan ahli media untuk media audio
memperoleh penilaian sebesar 82% dan bahan penyerta memperoleh penilaian sebesar 80%. Berdasarkan
hasil uji validitas lalu dikonversikan dalam skala pengukuran termasuk ke dalam kategori sangat layak.
Maka media audio pembelajaran yang berjudul “Mari Belajar Pidato Persuasif” layak digunakan dalam
kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Audio, Pidato Persuasif, Bahasa Indonesia
Abstract
This development research was implemented to produce a learning audio media called "Let's Learn
Persuasive Speech" which is suitable for teaching persuasive speech material for Indonesian language
subjects for class IX SMP PGRI Tumbrasanom. In this study, the ADDIE development model consists of 5
stages, namely (1) the analysis phase, (2) the design phase, (3) the development phase, (4) the
implementation phase, and (5) the evaluation phase. At the implementation stage, it is carried out until the
trial stage, but only at the feasibility stage due to the current limitations of the Covid-19 virus outbreak, so
face-to-face learning is still carried out online. The type of data used in this study is quantitative data on the
validity test with a questionnaire instrument. This study uses a Likert scale data analysis technique. The
validity test was conducted by administering questionnaires to experts, such as Indonesian language teaching
materials experts and field practitioners, such as Indonesian language teachers at SMP PGRI Tumbrasanom
and media experts, who were lecturers in the Education Technology Program who supervised Audio Media
Development courses at a university with a minimum degree of S-2 Educational Technology. The validity
test results of material experts received an assessment of 86% and media experts for audio media received
82%, and accompanying materials received an evaluation of 80%. Based on the validity test results and then
converted into a measurement scale, it is included in the very feasible category. So the learning audio media
entitled "Let's Learn Persuasive Speech" is appropriate for learning activities.
Keywords: Development, Audio, Persuasive Speech, Indonesian Language

Author Biographies

Ditya Shalsabella, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Dra. Sulistiowati, M.Pd., Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 460