PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI PASSIVE VOICE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA NEGERI 19 SURABAYA

  • Muhammad Rasyid Wijaya Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan produk multimedia
interaktif berbasis android yang layak digunakan pada materi passive voice di SMA Negeri 19 Surabaya
agar layak digunakan menjadi media dalam proses pembelajaran dan sarana sumber belaar bagi siswa.
Model pengembangan yang digunakan yakni model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan
5 tahapan dalam pengembangannya sesuai dengan model ADDIE, yaitu analisis, perencangan,
pengembangan, implementasi, evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket
yang ditujukan kepada ahli materi dan ahli media guna untuk melakukan validasi materi dan validasi
media yang nantinya akan diukur menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
Multimedia interaktif berbasis android layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran dengan
tingkat validasi dari ahli materi (95%), ahli media (95,83%), dan ahli bahan penyerta (94,28%).
Kesimpulannya dari penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis android materi passive voice
mata pelajaran bahasa inggris kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya ini adalah multimedia interaktif dapat
dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan hasil dari validasi materii
dan media.
Kata Kunci: Pengembangan, multimedia interaktif berbasis android, passive voice
Abstract
This development research aims to produce and develop android-based interactive multimedia products
that are suitable for use in passive voice material at SMA Negeri 19 Surabaya so that they are suitable for
use as media in the learning process and learning resources for students. The development model used is
the ADDIE development model. This study uses 5 stages in its development according to the ADDIE
model, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. The data collection in this
study used a questionnaire aimed at material experts and media experts in order to validate the material
and validate the media which would later be measured using a Likert scale. The results showed that (1)
Android-based interactive multimedia was feasible to be used as a medium in learning with a validation
level from material experts (95%), media experts (95.83%), and accompanying material experts (94.28%).
The conclusion from the research on the development of interactive multimedia based on Android passive
voice material for English class XI SMA Negeri 19 Surabaya is interactive multimedia that can be said to
be suitable for use in the learning process as evidenced by the results of material and media validation.
Keywords: Development, android-based interactive multimedia, passive voice

Author Biographies

Muhammad Rasyid Wijaya, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Andi Mariono, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-05
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 202