PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 SURABAYA

  • Diny Wahyu Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Lamijan Hadi Susarno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk dan mengetahui
kelayakan dari produk yang dihasilkan. Produk yang dikembangkan merupakan Multimedia Interaktif
Sistem Peredaran Darah Manusia Mata Pelajaran IPA untuk kelas VIII di SMP Negeri 26 Surabaya.
Jenis penelitian yang yang dipakai adalah penelitian pengembangan. Langkah pengembangan dengan
menggunakan model ADDIE karena model pengembangan ini dapat digunakan untuk mengembangkan
suatu media yang menghasilkan suatu produk dengan tahapan model yang sistematis dan sederhana.
Tahapan model ini terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi, desain pembelajaran, media
dan bahan penyerta serta kelayakan media oleh peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis untuk
mengukur presentase instrumen angket. Hasil dari kegiatan validasi sebagai berikut: hasil uji kelayakan
materi oleh ahli materi sebesar 97,3 % kemudian hasil uji kelayakan media oleh ahli media sebesar 96
% serta bahan penyerta sebesar 98,7 % dan hasil uji kelayakan desain pembelajaran sebesar 86,5 %.
Lalu untuk hasil uji coba kelayakan media oleh peserta didik mendapat presentase 92,7% untuk uji coba
perseorangan dan 93% untuk uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil tersebut dimasukkan dalam
kriteria persentase dengan kategori “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Multimedia Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Pada Mata Pelajaran IPA kelas VIII di SMP
Negeri 26 Surabaya telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Sistem Peredaran Darah Manusia
Abstract
This development research aims to produce a product and determine the feasibility of the resulting
product. The product developed is the Interactive Multimedia of the Human Circulatory System for
Science Subject for class VIII at SMP Negeri 26 Surabaya. The type of research used is development
research. The development step uses the ADDIE model because this development model can be used to
develop a media that produces a product with a systematic and simple model stage. The stages of this
model consist of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data collection
technique used a questionnaire given to material experts, learning design, media and accompanying
materials and the feasibility of the media by students. The data obtained were analyzed to measure the
percentage of the questionnaire instrument. The results of the validation activities are as follows: the
results of the material feasibility test by material experts are 97.3% then the results of the media
feasibility test by media experts are 96% and the accompanying materials are 98.7% and the results of
the learning design feasibility test are 86.5%. Then for the results of the media feasibility test, students
got a percentage of 92.7% for individual trials and 93% for small group trials. Based on these results,
it is included in the percentage criteria with the "very good" category. Thus it can be concluded that
the Interactive Multimedia of the Human Circulatory System in the VIII Grade Science Subject at SMP
Negeri 26 Surabaya has been feasible and can be used in the learning process.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Human Circulatory System.

Author Biographies

Diny Wahyu Pratiwi, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Lamijan Hadi Susarno, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 226