Pengembangan Media E-Modul Untuk Materi Pendapatan Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya

  • Nabil Ihza Maghriza Noor Syafi’i Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah melakukan pengembangan media e-modul untuk materi pendapatan nasional mata
pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 19 Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan
ADDIE yang dimana memiliki 5 langkah dalam Model ADDIE yaitu analisis, perancangan, pengembangan,
implementasi, evaluasi. Pengumpulan data dalam riset ini menggunakan angket yang ditujukan kepada ahli materi
yang dimana itu adalah guru mata pelajaran ekonomi kelas 11 di SMA Negeri 19 Surabaya dan ahli media yang
dimana itu adalah dosen teknologi pendidikan universitas negeri surabaya guna untuk melakukan validasi materi
dan validasi media yang nantinya akan diukur menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa
validasi media mendapatkan presentase 96% lalu selanjutnya untuk validasi media mendapatkan presentase 95%.
Dari hasil validasi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Media yang dikembangkan sangat layak untuk
digunakan dalam pembelajaran di SMA Negeri 19 Surabaya.
Kata Kunci: E-Modul, Pendapatan Nasional, Pengembangan.
Abstract
The purpose of this research is to develop an e-module media for the material of national income for economic
class XI SMA Negeri 19 Surabaya. This development uses the ADDIE development model which has 5 steps in
the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. Data collection in this
research used a questionnaire aimed at material experts who were the 11th grade economics teacher at SMA Negeri
19 Surabaya and media experts who were lecturers of educational technology at the State University of Surabaya
in order to validate the material and validate the media later. will be measured using a Likert scale. The results
showed that media validation got a percentage of 96% and then for media validation it got a percentage of 95%.
From the results of the validation that has been carried out, it can be concluded that the media developed is very
feasible to be used in learning at SMA Negeri 19 Surabaya.
Keywords: E-Module, National Income, Development

Author Biographies

Nabil Ihza Maghriza Noor Syafi’i, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Andi Mariono, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 510