Efektivitas Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Problem Solving Materi Segmentasi Pasar Pada Mata Pelajaran Marketing Untuk Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Jombang

  • Dwi Putri Fatriah Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif dengan pendekatan problem-solving materi
segmentasi pasar pada mata pelajaran marketing yang efektif untuk siswa kelas X di SMK Negeri 1 Jombang. Studi
pendahuluan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara bersama guru mata
pelajaran marketing di SMK Negeri 1 Jombang untuk mendapatkan hasil dari analisis kebutuhan. Berdasarkan analisis
kebutuhan yang didapatkan yaitu masih minimnya penggunaan sumber belajar, sehingga peserta didik sering merasa
bosan untuk belajar, apalagi materi segmentasi pasar memiliki kompetensi yang ditempuh dengan membutuhkan pola
pikir yang kreatif dan dapat menganalisis. Terkait sumber belajar yang digunakan masih mendominasi tulisan saja dan
berwarna hitam putih. Melalui hasil analisis kebutuhan tersebut, maka diperlukannya media pembelajaran agar proses
pembelajaran dapat efektif. Multimedia interaktif merupakan media pembelajaran yang memuat unsur audio, video,
animasi, dan interaktif. Sehingga multimedia interaktif mampu menyelesaikan permasalahan belajar peserta didik.
Adapun proses pengembangan multimedia interaktif menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate).
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X BDP di SMK Negeri 1 Jombang dengan jumlah 35 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif yaitu dengan menggunakan angket
yang ditujukan pada ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, dan peserta didik. Untuk menguji keefektifan media
yaitu dengan menggunakan tes. Untuk tes yang digunakan yaitu berupa pre-test dan post-test yang diberikan kepada
peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan multimedia interaktif segmentasi pasar mendapatkan hasil
persentase 99,48%-100% termasuk dalam kategori “sangat baik” dan untuk hasil dari efektif terdapat adanya peningkatan
hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan menggunakan multimedia interaktif, ditandai dengan perbedaan angka
sebesar 13,85. Kesimpulan dari hasil yang didapatkan pada penelitian ini menunjukkan bahwa media multimedia
interaktif segmentasi pasar layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran marketing, materi segmentasi
pasar, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Efektifitas, Pengembangan, Multimedia Interaktif, Segmentasi Pasar
Abstract
This study aims to produce interactive multimedia with a problem-solving approach to market segmentation
material on effective marketing subjects for class X students at SMK Negeri 1 Jombang. The preliminary study in this
research used data collection techniques in the form of interviews with marketing subject teachers at SMK Negeri 1
Jombang to get the results of the needs analysis. Based on the needs analysis obtained, the use of learning resources is
still minimal, so students often feel bored to learn, moreover, market segmentation material has competencies that are
pursued by requiring a creative and analytical mindset. Regarding the learning resources used, only writing dominates
and is in black and white. Through the results of the analysis of these needs, it is necessary for learning media so that the
learning process can be effective. Interactive multimedia is a learning medium that contains audio, video, animation, and
interactive elements. So that interactive multimedia can solve students' learning problems. The interactive multimedia
development process uses the DDD-E model (Decide, Design, Develop, Evaluate). The population of this study was
students of class X BDP at SMK Negeri 1 Jombang with a total of 35 students. The data collection technique used to
determine the feasibility of interactive multimedia is by using a questionnaire aimed at material experts, media experts,
learning design experts, and students. To test the effectiveness of the media by using a test. The tests used are in the form
of pre-test and post-test given to students. The results showed that the feasibility of interactive multimedia market
segmentation obtained a percentage of 99.48%-100% included in the "very good" category and for effective results, there
was an increase in learning outcomes obtained by students using interactive multimedia, marked by a difference in
numbers of 13.85. The conclusion from the results obtained in this study indicates that market segmentation interactive
multimedia media is feasible to be applied in learning activities for marketing subjects, market segmentation materials,
and effective in improving learning outcomes.
Keywords: Effectiveness, Development, Interactive Multimedia, Market Segmentation

Author Biographies

Dwi Putri Fatriah, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Fajar Arianto, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 237