PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI SMK NEGERI PURWOSARI
Abstract
Abstrak 
Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif sehingga 
layak digunakan dalam pembelajaran Matematika materi Persamaan Garis Lurus kelas XI di SMK Negeri 
Purwosari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Researt and 
Development). Dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, 
Evaluation). Sumber data penelitian ini akan diuji kelayakannya menggunakan angket yang diberikan 
kepada 1 orang ahli materi yaitu guru pengampu mata pelajaran Matematika kelas XI di SMK Negeri 
Purwosari, 1 orang ahli desain pembelajaran dan 1 orang ahli media yaitu dosen dari jurusan S1 Kurikulum 
dan Teknologi Pendidikan. Analisis data menggunakan pengukuran skala likert, dengan opsi jawaban 
(Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang Baik, Kurang Sekali). Hasil analisis dari validasi yang telah dilakukan 
oleh ahli materi mendapat persentase 96%, dari ahli desain pembelajaran mendapat persentase 83, 33%. 
Hasil validasi media dari ahli media mendapat persentase 87, 05%, dan hasil validasi buku penyerta media 
dari ahli media mendapat persentase 81, 66%. Serta hasil uji coba kepada peserta didik di kelas XI mendapat 
persentase 85%. Dari hasil validasi dari para ahli tersebut termasuk kategori dengan nilai 81% - 100%, 
sehingga dapat disimpulkan bahwa mengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dalam 
kriteria sangat baik dan layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran 
Matematika bagi peserta didik kelas XI di SMK Negeri Purwosari. 
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Matematika, Persamaan Garis Lurus 
Abstrak
This media development research aims to produce an Interactive Multimedia product that can be used for 
learning Straight Line Equations material in Mathematics for XI class at SMK Negeri Purwosari. This 
research used the Research and Development Method with the ADDIE development model (Analyze, 
Design, Development, Implementation, Evaluation). The data sources of this research will be tested for the 
feasibility using questionnaires that are given to 1 material expert who is a Mathematic teacher of class XI 
at Purwosari State Vocational School, 1 learning design expert, and 1 media expert who is a lecturer from 
the S1 Department of Curriculum and Educational Technology. The data analysis used is a Likert scale 
measurement with the answer options (Very Good, Good, Fair, Less Good, Less Once). The results of the 
analysis from the validation that has been carried out by the material expert is 96%, and from the learning 
design expert is 83, 33% of the percentage. The results from the media expert for the media validation is 
87, 05%, and for the media booklet is 81, 66% of the percentage. The result of the trial test of students in 
class XI got a percentage of 85%. The result of validations from those experts includes the values of 81% -
100%. Thus, it can be concluded that developing interactive multimedia learning media in very good criteria 
and can be used in mathematics learning activities for class XI students at SMK Negeri Purwosari.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Mathematics, Straight Line Equation
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
 Abstract views: 75
                                                        ,
  Abstract views: 75
                                                        , PDF Downloads: 314
 PDF Downloads: 314
                                
