PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DI SMK NEGERI PURWOSARI

  • Diah Ayu Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif sehingga
layak digunakan dalam pembelajaran Matematika materi Persamaan Garis Lurus kelas XI di SMK Negeri
Purwosari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Researt and
Development). Dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Sumber data penelitian ini akan diuji kelayakannya menggunakan angket yang diberikan
kepada 1 orang ahli materi yaitu guru pengampu mata pelajaran Matematika kelas XI di SMK Negeri
Purwosari, 1 orang ahli desain pembelajaran dan 1 orang ahli media yaitu dosen dari jurusan S1 Kurikulum
dan Teknologi Pendidikan. Analisis data menggunakan pengukuran skala likert, dengan opsi jawaban
(Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang Baik, Kurang Sekali). Hasil analisis dari validasi yang telah dilakukan
oleh ahli materi mendapat persentase 96%, dari ahli desain pembelajaran mendapat persentase 83, 33%.
Hasil validasi media dari ahli media mendapat persentase 87, 05%, dan hasil validasi buku penyerta media
dari ahli media mendapat persentase 81, 66%. Serta hasil uji coba kepada peserta didik di kelas XI mendapat
persentase 85%. Dari hasil validasi dari para ahli tersebut termasuk kategori dengan nilai 81% - 100%,
sehingga dapat disimpulkan bahwa mengembangan media pembelajaran multimedia interaktif dalam
kriteria sangat baik dan layak dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran
Matematika bagi peserta didik kelas XI di SMK Negeri Purwosari.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Matematika, Persamaan Garis Lurus
Abstrak
This media development research aims to produce an Interactive Multimedia product that can be used for
learning Straight Line Equations material in Mathematics for XI class at SMK Negeri Purwosari. This
research used the Research and Development Method with the ADDIE development model (Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation). The data sources of this research will be tested for the
feasibility using questionnaires that are given to 1 material expert who is a Mathematic teacher of class XI
at Purwosari State Vocational School, 1 learning design expert, and 1 media expert who is a lecturer from
the S1 Department of Curriculum and Educational Technology. The data analysis used is a Likert scale
measurement with the answer options (Very Good, Good, Fair, Less Good, Less Once). The results of the
analysis from the validation that has been carried out by the material expert is 96%, and from the learning
design expert is 83, 33% of the percentage. The results from the media expert for the media validation is
87, 05%, and for the media booklet is 81, 66% of the percentage. The result of the trial test of students in
class XI got a percentage of 85%. The result of validations from those experts includes the values of 81% -
100%. Thus, it can be concluded that developing interactive multimedia learning media in very good criteria
and can be used in mathematics learning activities for class XI students at SMK Negeri Purwosari.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Mathematics, Straight Line Equation

Author Biographies

Diah Ayu Anggraini, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Andi Kristanto, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 281