PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI VOCABULARY PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS III SD NEGERI KALIMATI 01 SIDOARJO

  • Stefanny Lois Yolivia Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Berdasarkan studi pendahuluan awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas 3 SDN Kalimati 01 Sidoarjo
ditemukan masalah pada proses pembelajaran di kelas. Materi Vocabulary tema Profession ini akan
membuat peserta didik belajar mandiri jika menggunakan multimedia interaktif berbasis android. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan media yang dibuat yaitu multimedia interaktif berbasis
android kelas 3 mata pelajaran Bahasa Inggris materi Vocabulary di SDN Kalimati 01 Sidoarjo. Metode
penelitian dengan mengumpulkan data mulai dari proses wawancara dan pengisian angket kelayakan
kepada para ahli. Model pengembangan multimedia interaktif ini dengan menggunakan model ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini digunakan instrumen
angket kepada ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan media. Media yang telah
dikembangkan berdasarkan validasi dan uji kelayakan yang telah dilakukan peneliti kepada ahli materi dan
ahli media menyatakan hasilnya yaitu baik sekali. Sehingga pengembangan multimedia interaktif yang telah
dibuat, masuk ke dalam kriteria layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran.
Kata Kunci: multimedia interaktif, vocabulary, android
Abstract
Based on an initial preliminary study conducted by researchers in grade 3 at SDN Kalimati 01 Sidoarjo,
problems were found in the learning process in the classroom. This Profession theme Vocabulary material
will make students learn independently when using Android-based interactive multimedia. The purpose of
this study was to determine the feasibility of the media created, namely interactive multimedia based on
Android class 3 subjects in English Vocabulary material at SDN Kalimati 01 Sidoarjo. The research method
is to collect data starting from the interview process and filling out a feasibility questionnaire to the experts.
This interactive multimedia development model uses the ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, and Evaluation) model. In this study, a questionnaire instrument was used to material
experts and media experts to determine the feasibility of the media. The media that has been developed
based on validation and feasibility tests that have been carried out by researchers to material experts and
media experts state that the results are very good. So that the development of interactive multimedia that
has been made is included in the criteria suitable for use to assist the learning process.
Keywords: interactive multimedia, vocabulary, android

Author Biographies

Stefanny Lois Yolivia, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Rusijono Rusijono, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 33