PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN PQ4R PADA MATERI NARRATIVE TEXT UNTUK KELAS X IPA DI MAN 1 TUBAN

  • Binar Indira Mahendra Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari E-modul yang dipadukan dengan pendekatan PQ4R pada
materi Narrative text Bahasa Inggris dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang sebelumnya belum
mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model DDD-E dengan subjek penelitian peserta didik kelas X IPA di MAN 1 Tuban yang berjumlah 26 orang.
Analisis data yang digunakan adalah uji T-test yang menunjukkan bahwa hasil t hitung < t table yaitu -7.585 < 2,060,
dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikasi nilai peserta didik sebelum dan sesudah
menggunakan bahan ajar E-Modul. Selain itu keefektifan dari penggunaan E-modul ini juga ditunjukkan dari adanya
perbedaan rata rata nilai peserta didik yang sebelumnya 54,1 menjadi 78,31. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan E-modul dengan pendekatan PQ4R materi Narrative Text ini dapat meningkatkan nilai peserta didik.
Kata Kunci: E-Modul, PQ4R, Narrative Text
Abstract
This development research aims to determine the effectiveness of the E-module combined with the PQ4R approach
on English Narrative text material in improving student learning outcomes who previously had not reached the
Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). The development model used in this study is the DDD-E model with the
research subject of class X IPA students at MAN 1 Tuban who found 26 people. Analysis of the data used is the Ttest which shows that the results of t count < t table are -7.585 < 2.060, from these results indicate that there are
significant differences in values before and before using the E-Module teaching materials. In addition, the
effectiveness of the use of the E-module is also shown from the difference in the average score of students from 54.1
to 78.31. So it can be said that the use of E-modules with the PQ4R approach to Narrative Text materials can increase
student scores.
Keywords: E-Module, PQ4R, Narrative Text.

Author Biographies

Binar Indira Mahendra, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Fajar Arianto, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-07
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 183