PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI POKOK TEKS PROSEDUR DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK KELAS XI DI SMA ANTARTIKA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Multimedia Interaktif pada materi pokok teks prosedur
untuk kelas XI SMA Antartika Sidoarjo; (2) mengetahui kelayakan dari produk Multimedia Interaktif pada materi
pokok teks prosedur untuk kelas XI SMA Antartika Sidoarjo. Desain pengembangan yang dipilih adalah
menggunakan model ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model pengembangan ini yaitu analisis, perancangan,
pengembangan implementasi dan evaluasi. Observasi, angket dan wawancara digunakan sebagai teknik pada
pengumpulan data. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga teknik yaitu, observasi, angket dan wawancara.
Melalui ketiga teknik pengumpulan tersebut diperoleh rentang persentase kelayakan multimedia interaktif. Hasil
analisis dari validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 98% dan oleh ahli
media memperoleh persentase sebesar 97,35% Hasil dari kedua persentase tersebut termasuk dalam penilaian
yang sangat layak, dan disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif pada materi teks prosedur layak
serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci :Teks Prosedur, Multimedia Interaktif, Pengembangan.
Abstract
This study aims to: (1) produce Interactive Multimedia products on the subject matter of procedure text for class
XI SMA Antarctica Sidoarjo; (2) determine the feasibility of Interactive Multimedia products on the subject matter
of procedure text for class XI SMA Antartika Sidoarjo. The selected development design is using the ADDIE
model. There are five stages in this development model, namely analysis, design, development, implementation
and evaluation. Observations, questionnaires and interviews were used as techniques in data collection. Data
collection techniques consist of three techniques, namely, observation, questionnaires and interviews. Through the
three collection techniques, the percentage range for the feasibility of interactive multimedia is obtained. The
results of the analysis from the validation that have been carried out by material experts get a percentage of 98%
and by media experts get a percentage of 97.35%. can be used in the learning process.
Keywords: Procedure Text,Interactive Multimedia,Development.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

