PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI POKOK SUMBER HUKUM ISLAM MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PKERTI UNTUK SISWA KELAS X SMA ANTARTIKA SIDOARJO

  • Novita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Multimedia Interaktif pada materi pokok sumber
hukum Islam untuk kelas X SMA Antartika Sidoarjo; (2) mengetahui kelayakan dari produk Multimedia
Interaktif pada materi pokok sumber hukum Islam untuk kelas X SMA Antartika Sidoarjo. Desain
pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model
pengembangan ini yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Sedangkan
observasi, angket dan wawancara digunakan sebagai teknik pada pengumpulan data. Melalui ketiga teknik
pengumpulan tersebut diperoleh rentang presentase kelayakan multimedia interaktif melalui hasil validasi
para ahli. Hasil analisis dari validasi yang telah dilakukan oleh ahi desain pembelajaran mendapat
presentase 87,25%, ahli materi mendapat presentase sebesar 98%, ahli media mendapat presentase 96,25%
dan uji coba pengguna mendapat presentase sebesar 92,16%. Hasil dari keempat persentase tersebut
termasuk dalam penilaian yang sangat layak, dan disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif
pada materi sumber hukum Islam layak serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Sumber Hukum Islam, Multimedia Interaktif, Pengembangan.
Abstrak
The purpose of this study aims to: (1) produce Interactive Multimedia products on the subject matter of
Islamic law sources for class X SMA Antarctica Sidoarjo; (2) knowing the material from Interactive
Multimedia products on the main sources of Islamic law for class X SMA Antarctica Sidoarjo. The
selected development design is using the ADDIE model. There are five stages in this development model,
namely analysis, design, development, implementation and evaluation. Meanwhile, observations,
questionnaires and interviews were used as data collection techniques. Through the three collection
techniques, they have been used for multimedia presentations through the validation results of experts.
The results of the analysis from the validation that has been carried out by the learning design experts got
a percentage of 87.25%, material experts got a percentage of 98%, media experts got a percentage of
96.25% and user trials got a percentage of 92.16%. The results of the four sections are included in very
feasible terms, and that the development of interactive multimedia on Islamic law resource material is
feasible and can be used in the learning process.
Keywords: Islamic Law Resources, Interactive Multimedia, Development.

Author Biographies

Novita Sari, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Utari Dewi, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-14
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 82