PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI HIDROKARBON PADA MATA PELAJARAN KIMIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA ANTARTIKA SIDOARJO

  • Sri Indah Istiqomah Universitas Negeri Surabaya
  • Alim Sumarno Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kelayakan multimedia interaktif materi hidrokarbon pada mata pelajaran
kimia untuk peserta didik kelas XI di SMA Antartika Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan
R&D (Research and Development) Borg and Gall. Model pengembangan ini memiliki 10 tahapan yaitu: : (1) Potensi
Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7)
Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produksi Massal. Akan tetapi, yang digunakan oleh
peneliti hanya sampai tahapan ketujuh karena hanya sampai uji kelayakan. Terdapat 3 teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu angket, wawancara, dan observasi. Angket diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Wawancara
dilakukan dengan guru mata pelajaran kimia di SMA Antartika Sidoarjo. Sedangkan observasi dilakukan untuk
mengetahui proses pembelajaran dan analisis lingkungan sekolah. Untuk menguji kelayakan media dilakukan dengan
angket validasi yang diberikan pada ahli materi dan ahli media. Melalui validasi tersebut diperoleh persentase
kelayakan materi sebesar 92,5% dan kelayakan media sebesar 80%. Hasil persentase tersebut termasuk ke dalam
kategori sangat baik. Berdasarkan persentase tersebut, maka multimedia interaktif materi hidrokarbon pada mata
pelajaran kimia untuk peserta didik kelas XI di SMA Antartika Sidoarjo layak digunakan sebagai media penunjang
dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : pengembangan, multimedia interaktif, hidrokarbon
Abstract
This study aims to produce an interactive multimedia feasibility of hydrocarbon material in chemistry subjects for XI
class at SMA Antartika Sidoarjo. This research uses the design of R&D (Research and Development) Borg and Gall.
This development model has 10 stages, consisting of: (1) Potential Problems, (2) Data Collection, (3) Product Design,
(4) Design Validation, (5) Design Revision, (6) Product Trial, (7) Revision Product, (8) Usage Trial, (9) Product
Revision, (10) Mass Production. However, what was used by researchers was only up to the seventh stage because it
was only up to the feasibility test. There are 3 data collection techniques used, consisting of questionnaires, interviews,
and observations. Questionnaires were given to material experts and media experts. Interviews were conducted with
teachers of chemistry subjects at SMA Antartika Sidoarjo. Meanwhile, observations were made to determine the
learning process and the analysis of the school environment. To test the feasibility of the media, a validation
questionnaire was given to material experts and media experts. Through this validation, the percentage of material
feasibility is 92.5% and media feasibility is 80%. The percentage results are included in the very good category. Based
on this percentage, the interactive multimedia of hydrocarbon material in chemistry subjects for class XI students at
SMA Antartika Sidoarjo is appropriate to be used as a supporting medium in the learning process.
Keywords : development, interactive multimedia, hydrocarbon

Author Biographies

Sri Indah Istiqomah, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Alim Sumarno, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-14
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 120