PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Regita Dwi Cahyani Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang ada di SD Islam
Melati Nusantara Gresik sehingga peneliti melakukan Pengembangan Multimedia Interaktif Bangun Ruang
Kubus dan Balok Kelas V Sekolah Dasar pada materi Volume dan Jaring-Jaring, dengan menghasilkan
produk multimedia interaktif dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif materi volume dan jaringjaring bangun ruang kubus dan balok. Dalam melakukan pengembangan ini ada tahapan yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif peneliti melakukan teknik pengumpulan
data dengan cara observasi dan wawancara sebagai pendahuluan untuk mengetahui permasalahan.
Sedangkan angket sebagai bentuk untuk mengetahui kelayakan media yang dilakukan oleh dua ahli yaitu
ahli materi dan ahli media. Analisis data yang digunakan dalam angket sebagai bentuk pengukuran
menggunakan skala Likert, hasil dalam perhitungan dalam pengukuran persentase dari penilaian para ahli,
hasil uji kelayakan materi pokok volume dan jaring-jaring kubus dan balok oleh ahli materi 93,33%
sedangkan untuk hasil uji kelayakan multimedia interaktif oleh ahli media yaitu 82,66%. Kedua hasil yang
diperoleh dalam kriteria penilaian sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif
materi volume dan jaring-jaring kubus telah layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran peserta didik
kelas V di SD Islam Melati Nusantara Gresik.
Kata Kunci: Matematika Bangun Ruang, Multimedia Interaktif, Pengembangan ADDIE.
Abstract
The purpose of this research is to overcome the learning problems that exist at SD Islam Melati
Nusantara Gresik so that researchers carry out the Development of Interactive Multimedia Build Room
Cubes and Blocks for Class V Elementary School on Volume and Nets material, by producing interactive
multimedia products and knowing the feasibility of interactive multimedia material volumes and nets of
cubes and cuboids. In carrying out this development there are stages used in this study using the ADDIE
model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). To find out the feasibility of
interactive multimedia, researchers carried out data collection techniques by means of observation and
interviews as a prelude to finding out the problem. While the questionnaire as a form to determine the
feasibility of the media was carried out by two experts, namely material experts and media experts.
Analysis of the data used in the questionnaire as a form of measurement using a Likert scale, the results in
the calculation in measuring the percentage of the assessment of the experts, the results of the feasibility
test for the subject matter of volumes and nets of cubes and blocks by material experts 93.33% while for
the results of the multimedia feasibility test interactive by media experts that is 82.66%. Both results
obtained in the assessment criteria are very feasible. So it can be concluded that interactive multimedia
material volumes and cube nets have been suitable for use in the learning activities of fifth grade students
at SD Islam Melati Nusantara Gresik.
Keywords: Spatial Building Mathematics, Interactive Multimedia, ADDIE Development.

Author Biographies

Regita Dwi Cahyani, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd., Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-14
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 239