PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI KONSEP DESAIN/PROTOTYPE DAN KEMASAN PRODUK BARANG/JASA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • Nadya Nur Rahmadianti Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif materi konsep desain/prototype dan
kemasan produk barang/jasa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Negeri 7 Surabaya. Adapun model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang
memiliki lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Teknik yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Kelayakan media didapatkan dari hasil uji
kelayakan oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan presentase sebesar 82%.
Sedangkan untuk hasil validasi oleh ahli media mendapatkan presentase sebesar 80% untuk media dan 92%
untuk bahan penyerta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif materi konsep
desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas
XI SMK Negeri 7 Surabaya layak digunakan dengan rata-rata presentase 86% dan termasuk dalam kategori
sangat baik.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Kemasan Produk, Produk Kreatif dan Kewirausahaan
ABSTRACT
The purpose of this development research to develop interactive multimedia for concepts design/prototypes
and product/service packaging in the subjects of creative products and entrepreneurship class XI. This research
was conducted at SMK Negeri 7 Surabaya. The development model used is ADDIE which has five stages,
namely analyze, design, development, implementation, and evaluate. The techniques used in this research are
interviews and questionnaires. The feasibility of the media is obtained from the results of the feasibility test by
material experts and media experts. The results of validation by material experts get a percentage of 82%.
Meanwhile, the results of the validation by media experts get a percentage of 80% for the media and 92% for
accompanying materials. So it can be concluded that interactive multimedia material for design
concepts/prototypes and product/service packaging in the subject of creative products and entrepreneurship
class XI SMK Negeri 7 Surabaya is feasible to use with an average percentage of 86% and is included in the
very good category.
Keywords : Development, Interactive Multimedia, product packaging, creative products and entrepreneurship

Author Biographies

Nadya Nur Rahmadianti, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Rusijono Rusijono, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-18
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 461