PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC MATA KULIAH BAHAN AJAR CETAK MATERI POSTER UNTUK MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Nadinda Cahya Noviandira Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk yang layak dan
efektif digunakan pada mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar Cetak materi Poster. Model
pengembangkan yang digunakan untuk mengembangkan produk, peneliti menggunakan model
pengembangan ADDIEanalyze, Design, Development, Implementation, Evaluate. Jenis data dalam
penelitian ini adalah kuantitatif maka menggunakan teknik pengambilan data berupa angket. Untuk
mendapatkan kelayakan dari media, peneliti melakukan validasi media yaitu kepada ahli materi dan ahli
media. Kesimpulan dari hasil dari angket yang diberikan ahli materi dan ahli media adalah layak
digunakan dikarenakan jumlah akhir dari perhitungan angket adalah 85 dan dikategorikan kedalam
‘sangat layak’. Hasil yang didapat dari uji keefektifan media adalah terdapat adanya perbedaan antara
sebelum diberi media dan sesudah diberi media. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media
motion graphic layak dan efektif digunakan dalam pembelejaran.
.
Kata Kunci: Motion Graphic, ADDIE, Pengembangan Bahan Ajar Cetak, Poster.
Abstract
The purpose of this research is to produce a product that is feasible and effective for use in the
course on the Development of Poster Print Teaching Materials. The method used in this research is
Development. The development model used to develop the product, the researcher uses the ADDIE
analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate development model. The type of data in this
study is quantitative because it uses a data collection technique in the form of a questionnaire. To get the
feasibility of the media, researchers validated the media, namely to material experts and media experts
for. The conclusion from the results of the questionnaire given by material experts and media experts is
feasible to use because the final number of questionnaire calculations is 85 and is categorized into 'very
feasible'. The results obtained from the media effectiveness test are that there is a difference between
before being given the media and after being given the media. Thus, it can be concluded that motion
graphic media is feasible and effective to use in learning.
Keywords: Motion Graphic, ADDIE, Development of Printed Teaching Materials, Poster.

Author Biographies

Nadinda Cahya Noviandira, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Khusnul Khotimah, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-18
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 114