Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Mobilitas Sosial Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo

  • Emylia Ferlina Universitas Negeri Surabaya
  • Irena Y. Maureen Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif pada
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Mobilitas Sosial untuk peserta didik kelas VIII di MTs
Muhammadiyah 07 Takerharjo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, adapun produk yang
dikembangkan yakni rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), multimedia interaktif dan bahan penyerta.
Model pengembangan yang digunakan yakni model ADDIE. Model ADDIE meliputi tahap analisis
(analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implement) dan evaluasi
(evaluate). Penelitian ini dilakukan sampai tahap pengembangan, hal ini dikarenakan situasi yang belum
memungkinkan akibat adanya pandemi covid. Pengumpulan data pada tahap pendahuluan menggunakan
metode dokumentasi, kuesioner dan wawancara, sementara itu pengumpulan data pada tahap uji kelayakan
menggunakan metode kuesioner dengan skala Likert. Hasil uji kelayakan rencana pelaksanaan
pembelajaran kepada ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 80%, kelayakan materi oleh ahli
materi memperoleh persentase 84,6 %, sementara itu kelayakan media oleh ahli media memperoleh
persentase 76.9 %, yang artinya rencana pelaksanaan pembelajaran, multimedia interaktif dan bahan
penyerta mendapat kriteria baik dan layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi
Mobilitas Sosial di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Mobilitas Sosial
Abstract
The purpose of this study was to develop interactive multimedia learning media for Social Science subjects
on Social Mobility for class VIII students at MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo. This research is a
development research, while the products developed are lesson plans (RPP), interactive multimedia and
accompanying materials. The development model used is the ADDIE model. The ADDIE model includes
the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation . This research was carried out
until the development stage, this was because the situation was not yet possible due to the covid pandemic.
Data collection at the preliminary stage used the documentation, questionnaire and interview methods,
meanwhile data collection at the feasibility test stage used a questionnaire method with a Likert scale. The
results of the feasibility test of the learning implementation plan to the learning design expert obtained a
percentage of 80%, the feasibility of the material by the material expert obtained a percentage of 84.6%,
meanwhile the feasibility of the media by the media expert obtained a percentage of 76.9%, which means
the lesson plan, interactive multimedia and accompanying materials got good criteria and deserved to be
used in Social Science learning material on Social Mobility at MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Social Mobility.

Author Biographies

Emylia Ferlina, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Irena Y. Maureen, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-18
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 212