PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI “STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA” SISWA KELAS XII SMKN 1 JOMBANG

  • Galuh Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
kelas XII di SMKN 1 Jombang pada materi “Strategi Dakwah dan Perkembangan Islam di Indonesia”. Model
pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang memiliki tahapan analysis, design, development,
implementation, dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara untuk mengetahui masalah yang
dihadapi siswa, angket untuk mengetahui kelayakan dari media video, dan tes yang berupa pre-tes dan pos-tes untuk
mengetahui pengaruh dari media video. Subjek dalam penelitian ini yaitu: (1) 1 ahli materi (2) 1 ahli media, dan (3)
28 siswa. Teknik analisis data menggunakan Skala Likert untuk uji kelayakan, validitas dan reliabilitas untuk uji
instrumen, normalitas dan homogenitas untuk menguji sampel data, dan uji t untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media tersebut termasuk kategori sangat layak. Uji validitas instrumen ahli
materi didapatkan jumlah instrumen valid 24 , uji validitas instrumen ahli media didapatkan jumlah instrumen valid
20 , uji validitas instrumen pre tes didapatkan jumlah instrumen valid 5 dan tidak valid 5, uji validitas instrumen pos
tes didapatkan jumlah instrumen valid 6 dan tidak valid 4. Uji reliabilitas ahli materi termasuk kategori reliabilitas
tinggi, uji reliabilitas ahli media termasuk kategori sangat tinggi, uji reliabilitas pre-tes termasuk kategori tinggi, uji
reliabilitas post-tes termasuk kategori tinggi. Uji normalitas data pada kelas kontrol dan kelas eksperimen termasuk
pada distribusi normal. Uji homogenitas pada kelas kontrol dan eksperimen berada pada distribusi homogen. Hasil
uji-t didapatkan T hitung > T tabel sehingga disimpulkan bahwa media video yang telah dikembangkan layak untuk
digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari isi videonya dan media video juga berpengaruh positif terhadap hasil
belajar siswa.
Kata Kunci : pengaruh, media video pembelajaran, strategi dakwah dan perkembangan islam di indonesia
Abstract
This study aims to determine the effect of learning video media on the learning outcomes of class XII students at
SMKN 1 Jombang on the material "Dakwah Strategy and Islamic Development in Indonesia". This development
model uses the ADDIE model, which has the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation.
The research method used interviews to find out the problems faced by students, questionnaires to determine the
feasibility of video media, and tests in the form of pre-test and post-test to determine the effect of video media. The
subjects in this study were: (1) material experts (2) media experts, and (3) students. The data analysis technique used
a Likert scale to test the feasibility, validity, and reliability of the instrument test, normality and homogeneity to test
the sample data, and t-test to determine student learning outcomes. The validation results from material experts and
media experts are in the very feasible category. The test of the validity of the material expert instrument obtained the
number of valid instruments 24, the instrument validity test of the media expert obtained the number of valid
instruments 20, the pre-test instrument validity test obtained the number of valid instruments 5 and invalid 5, the posttest instrument validity test obtained the number of valid and invalid instruments 6 4. The reliability test of the material
expert is in the high category of reliability, the reliability test of the media expert is in the very high category, the pretest reliability test is in the high category, and the post-test reliability test is in the high category. The normality test
of the data in the control class and the experimental class is included in the normal distribution. The homogeneity test
in the control and experimental classes was in a homogeneous distribution. The results of the t-test obtained T
arithmetic > T table so that it was concluded that the video media that had been developed was feasible to be used in
learning in terms of the video content and video media also had a positive effect on student learning outcomes.
Keywords: influence, learning video media, da'wah strategies, and the development of Islam in Indonesia.

Author Biographies

Galuh Anggraini, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Fajar Arianto, Universitas Negeri Surabaya

TP Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-18
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 148