PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF KELAS XII DI SMKN 1 JOMBANG

  • Atina Shalawatin Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk (media pembelajaran) dan mengetahui kelayakan dari
produk yang dihasilkan. Produk yang dikembangkan ialah multimedia interaktif berbasis aplikasi android
dengan materi konsep multimedia interaktif, mata pelajaran desain multimedia interaktif kelas XII Multimedia
di SMKN 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze
(analisis), Desain (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation
(evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket.
Pengembangan ini telah melalui proses uji validasi materi, media dan desain pembelajaran, dimana dari ke 3 uji
validasi tersebut mendapatkan hasil sebagai berikut : uji validasi materi mendapatkan persentase 100%, uji
validasi media mendapatkan persentase 100%, dan uji validasi desain pembelajaran (RPP) mendapatkan
persentase 100%. Lalu untuk hasil uji coba kelayakan media oleh 15 peserta didik mendapatkan persentase
97,33%. Dari hasil keseluruhan persentase tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran multimedia interaktif
materi konsep multimedia interaktif, mata pelajaran desain multimedia interaktif pada kelas XII di SMKN 1
Jombang dikategorikan sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Konsep Multimedia Interaktif
Abstract
This study aims to develop a product (learning media) and determine the feasibility of the resulting product. The
product developed is interactive multimedia based on android applications with interactive multimedia concept
material, interactive multimedia design subjects for class XII Multimedia at SMKN 1 Jombang. This study uses
the ADDIE model which consists of 5 stages, namely Analyze (analysis), Design (planning), Development
(development), Implementation (implementation) and Evaluation (evaluation). The data collection technique
used in this study was obtained from the results of a questionnaire. This development has gone through a
process of material, media and learning design validation tests, where from the 3 validation tests the results
obtained are as follows: the material validation test gets a percentage of 100%, the media validation test gets a
percentage of 100%, and the learning design validation test (RPP) get 100% percentage. Then for the results of
the media feasibility trial by 15 students, the percentage was 97.33%. From the results of the overall
percentage, it can be concluded that interactive multimedia learning media, interactive multimedia concept
material, interactive multimedia design subjects in class XII at SMKN 1 Jombang are categorized as very good
and suitable for use in the learning process.
Keywords : Development, Interactive Multimedia, Interactive Multimedia Concept.

Author Biographies

Atina Shalawatin, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Andi Kristanto, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-01-18
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 72