PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC UNTUK MATERI MENULIS HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN PADA MATA KULIAH TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH JURUSAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

  • Qurrotul Silvia Hawa Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini disusun untuk memenuhi dua tujuan yaitu, (1) mengembangkan sebuah produk media
pembelajaran video motion graphic untuk pembelajaran materi hasil dan pembahasan pada matakuliah
Teknik penulisan karya ilmiah yang diperuntukkan untuk mahasiswa Program studi S1 Teknologi
Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, (2) untuk menguji keefektifan media video motion graphic dalam
meningkatkan hasil belajar mahasiswa program studi S1 Teknologi pendidikan yang menempuh mata
kuliah teknik penulisan karya ilmiah dengan menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket untuk mengetahui tingkat kelayakan media yang diserahkan kepada ahli materi dan juga ahli
media serta peneliti juga mengambil data dari tes berupa pre-test dan post-test yang diberikan kepada
mahasiswa program studi S1 Teknologi Pendidikan kelas 2018A yang sedang menempuh mata kuliah
Teknik penulisan karya ilmiah yang berjumlah 35 mahasiswa untuk menguji keefektifan media video
motion graphic yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan
dalam tulisan ini dinilai efektif untuk diimplementasikan dalam kelas matakuliah Teknik Penulisan Karya
Ilmiah pada pertemuan ke 7 dengan mahasiswa kelas 2018A sebagai subjeknya. Dengan hasil kelayakan
media sebesar 80%, kelayakan bahan ajar sebesar 88% yang telah divalidasi oleh ahli yang berkaitan serta
adanya hasil uji yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap nilai rata-rata antara
variabel pre-test dengan post-test dengan peningkatan sebesar 50,14 poin. Sehingga media motion graphic
yang dikembangkan dinilai layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: pengembangan, video pembelajaran, motion graphic, hasil penelitian dan pembahasan, karya
tulis ilmiah
Abstract
This research was designed to achieve two goals: (1) developing a video motion graphic media for learning
the results and discussion material in writing scientific papers for students in the Educational Technology
Study Program at the State University of Surabaya, and 2) to test the effectiveness of motion graphic video
media to improve learning outcomes of students the Education Technology undergraduate study program
who are taking scientific writing courses using the ADDIE model development procedure (Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluation). The data collection technique used is a questionnaire
to determine the level of media feasibility, which is sent to material experts as well as media experts and
researchers. Data is also collected from tests given to current students of the 2018A Education Technology
study program in the form of a pre-test and post-test. A 35-student for producing scientific papers was used
to examine the efficiency of the media. The results showed that the media developed in this paper were
considered effective to be implemented in the Scientific Writing class at the 7th meeting with the 2018A
class students as the subject. With a media eligibility rate of 80%, by 88% the practicality of teaching
materials which has been verified by specialists. The test findings reveal a considerable difference in
average value between the pre-test and post-test variables, with a 50.14 point gain so that the developed
motion graphic material might be used well
Keywords: development, instructional video media, motion graphic, result and discussion, scientific paper

Author Biographies

Qurrotul Silvia Hawa Ningrum, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Khusnul Khotimah, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-02-10
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 110