PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL MATERI PIUTANG DAGANG PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

Authors

  • Isnaini Mardyatus Sofia Universitas Negeri Surabaya
  • Sulistiowati Sulistiowati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan media e-modul pada materi pokok piutang
dagang mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek agar layak digunakan
menjadi media dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan sarana sumber belajar bagi peserta didik.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE yaitu Model
pengembangan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation
(implementasi) dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data untuk mengetahui kelayakan dilakukan
menggunakan angket kepada ahli materi yaitu guru mata pelajaran akuntansi keuangan SMK Islam 1
Durenan Trenggalek dan ahli media yaitu dosen jurusan kurikulum & teknologi pendidikan berupa
instrumen angket kemudian dianalisis menggunakan skala Likert untuk mengukur presentase instrumen
angket. Hasil pengumpulan data yang diperoleh dari analisis validasi materi mendapatkan persentase 95%
(sangat baik) dan ahli media untuk kategori media e-modul mendapatkan persentase 92% (sangat baik) dan
untuk kategori bahan penyerta mendapatkan persentase 89% (sangat baik). Media e-modul yang
dikembangkan oleh peneliti mempunyai beberapa kelebihan diantaranya: 1) e-modul yang berupa link dapat
diakses di peramban smartphone maupun laptop/personal komputer dan barcode dapat di scan dengan
mudah baik di smartphone maupun di laptop/personal komputer; 2) e-modul dapat diidistribusikan melalui
WhatsApp dan atau google drive lengkap disertai dengan bahan penyerta sebagai panduannya; 3) materi
disajikan dengan unsur visual dengan desain yang dibuat jelas dan semenarik mungkin untuk mengurangi
rasa bosan peserta didik; 4) penyajian bersifat interaktif dan dinamis dengan mengajak user aktif
mengerjakan tugas yang diberikan; dan 5) bahan pelajaran terbagi lebih merata dalam satu semester
pembelajaran. Kesimpulannya dari penelitian pengembangan media e-modul pada materi pokok piutang
dagang dalam mata pelajaran akuntansi keuangan untuk kelas XI di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek ini
adalah media e-modul dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan
hasil dari validasi materi dan media.
Kata Kunci: E-Modul, ADDIE, Piutang Dagang
Abstract
The purpose of this development research is to develop e-module media on the subject matter of trade
receivables in financial accounting subjects at SMK Islam 1 Durenan Trenggalek so that it is suitable for
use as a medium in the distance learning process (PJJ) and learning resource facilities for students. The
development model used in this study is the ADDIE Model, namely the analysis, design, development,
implementation and evaluation model. Data collection techniques to determine the feasibility were carried
out using a questionnaire to material experts, namely teachers of financial accounting subjects at SMK
Islam 1 Durenan Trenggalek and media experts, namely lecturers of curriculum & educational technology
in the form of questionnaire instruments and then analyzed using a Likert scale to measure the percentage
of questionnaire instruments. The results of data collection obtained from material validation analysis get
a percentage of 95% (very good) and media experts for the e-module media category get a percentage of
92% (very good) and for the accompanying material category get a percentage of 89% (very good). The emodule media developed by the researcher has several advantages including: 1) e-module in the form of a
link that can be accessed on a smartphone or laptop/personal computer browser and barcodes can be
scanned easily either on a smartphone or on a laptop/personal computer; 2) e-modules can be distributed
via WhatsApp and or Google Drive complete with accompanying materials as a guide; 3) the material is
presented with visual elements with designs that are made clear and attractive as possible to reduce the
boredom of students; 4) the presentation is interactive and dynamic by inviting the user to actively work on
the given task; and 5) lesson materials are divided more evenly in one semester of learning. The conclusion
from the research on the development of e-module media on the subject matter of trade receivables in
financial accounting subjects for class XI at SMK Islam 1 Durenan Trenggalek is that e-module media can
2
be said to be suitable for use in the learning process as evidenced by the results of material and media
validation.
Keywords: E-Modul, ADDIE, Accounts Receivable

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Isnaini Mardyatus Sofia, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Sulistiowati Sulistiowati, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-02-10
Abstract views: 105 , PDF Downloads: 203