PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM KOORDINASI MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BOJONEGORO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan dalam
pembelajaran biologi materi sistem koordinasi kelas XI di SMA Negeri 3 Bojonegoro. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Lee & Owens dengan tahapan;
analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data penelitian ini dari uji
kelayakan menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi yaitu guru IPA kelas XI di SMA Negeri
3 Bojonegoro, ahli desain pembelajaran dan ahli media yaitu dosen dari jurusan S1 Kurikulum dan
Teknologi Pendidikan, serta Uji coba pengguna oleh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Bojonegoro.
Hasil analisis validasi ahli desain pembelajaran sebesar 90,42%, ahli materi mendapat presentase sebesar
96,5%, ahli media 90,5%, validasi buku penyerta 90%, dan uji coba sebesar 85,6%. Berdasarkan hasil uji
pada para ahli dan peserta didik tersebut termasuk dalam kriteria penilaian sangat baik, sehingga dapat
disimpulkan bahwa penelitian pengembangan multimedia interaktif materi sistem koordinasi telah layak
dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Materi Sistem Koordinasi pada mata pelajaran biologi
untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bojonegoro.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Biologi, Sistem Koordinasi.
Abstract
This study aims to produce interactive multimedia that is suitable for use in learning biology
materials for class XI coordination systems at SMA Negeri 3 Bojonegoro. The method used in this
research is R&D with Lee & Owens development model with stages; analysis, design, development,
implementation, and evaluation. The source of this research data is from the feasibility test using a
questionnaire given to material experts, namely class XI science teachers at SMA Negeri 3 Bojonegoro,
learning design experts and media experts, namely lecturers from the S1 Department of Education
Curriculum and Technology, as well as user trials by class XI students. at SMA Negeri 3 Bojonegoro. The
results of the validation analysis of learning design experts are 90.42%, material experts get a percentage
of 96.5%, media experts are 90.5%, accompanying book validation is 90%, and trials are 85.6%. Based
on the test results on the experts and students, it is included in the very good assessment criteria, so it can
be concluded that the research on the development of interactive multimedia materials for the
coordination system is feasible and can be used in the learning process on biology subjects for class XI
students at SMA Negeri 3 Bojonegoro.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Biology, Coordination Systems
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

