PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI SISTEM KOORDINASI MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 3 BOJONEGORO
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak digunakan dalam 
pembelajaran biologi materi sistem koordinasi kelas XI di SMA Negeri 3 Bojonegoro. Metode yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model pengembangan Lee & Owens dengan tahapan;
analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sumber data penelitian ini dari uji 
kelayakan menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi yaitu guru IPA kelas XI di SMA Negeri 
3 Bojonegoro, ahli desain pembelajaran dan ahli media yaitu dosen dari jurusan S1 Kurikulum dan 
Teknologi Pendidikan, serta Uji coba pengguna oleh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 3 Bojonegoro. 
Hasil analisis validasi ahli desain pembelajaran sebesar 90,42%, ahli materi mendapat presentase sebesar 
96,5%, ahli media 90,5%, validasi buku penyerta 90%, dan uji coba sebesar 85,6%. Berdasarkan hasil uji 
pada para ahli dan peserta didik tersebut termasuk dalam kriteria penilaian sangat baik, sehingga dapat 
disimpulkan bahwa penelitian pengembangan multimedia interaktif materi sistem koordinasi telah layak 
dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran Materi Sistem Koordinasi pada mata pelajaran biologi
untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Bojonegoro.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Biologi, Sistem Koordinasi.
Abstract
This study aims to produce interactive multimedia that is suitable for use in learning biology 
materials for class XI coordination systems at SMA Negeri 3 Bojonegoro. The method used in this 
research is R&D with Lee & Owens development model with stages; analysis, design, development, 
implementation, and evaluation. The source of this research data is from the feasibility test using a 
questionnaire given to material experts, namely class XI science teachers at SMA Negeri 3 Bojonegoro, 
learning design experts and media experts, namely lecturers from the S1 Department of Education 
Curriculum and Technology, as well as user trials by class XI students. at SMA Negeri 3 Bojonegoro. The 
results of the validation analysis of learning design experts are 90.42%, material experts get a percentage 
of 96.5%, media experts are 90.5%, accompanying book validation is 90%, and trials are 85.6%. Based 
on the test results on the experts and students, it is included in the very good assessment criteria, so it can 
be concluded that the research on the development of interactive multimedia materials for the 
coordination system is feasible and can be used in the learning process on biology subjects for class XI 
students at SMA Negeri 3 Bojonegoro.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, Biology, Coordination Systems
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
  Abstract views: 69
                                                        ,
 PDF Downloads: 352