PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO MOTION GRAPHIC PADA MATERI SICH VORSTELLEN MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN BAGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BOJONEGORO

Authors

  • Diana Rizma Santika Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media video pembelajaran
yang berjudul "Mari belajar Sich Vorstellen" yang layak digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran
dan sebagai sarana sumber belajar bagi peserta didik pada materi sich vorstellen mata pelajaran Bahasa
Jerman kelas X SMA Negeri 3 Bojonegoro .Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian
pengembangan ini yaitu model pengembangan PUSTEKKOM, yang terdiri dari 3 tahapan yaitu :1) Tahap
perencanaan; 2) Tahap Produksi; 3) Tahap Evaluasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah Ahli
materi yang terdiri atas 1 (satu) orang guru mata pelajaran Bahasa Jerman di SMA Negeri 3 Bojonegoro
dan Ahli media yang berkompeten dalam bidang pengembangan media yang terdiri atas 1 (satu) dosen
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, minimal yang sudah
menempuh Pendidikan S2. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu angket
kemudian dikonversikan menggunakan skala Linkert untuk mengukur persentase instrumen angket. Hasil
dari uji validitas yang diperoleh dari ahli materi sebesar 94%, sedangkan dari ahli media sebesar 96%
untuk media, dan 90% untuk bahan penyerta. Berdasarkam hasil uji validitas yang dikonversikan dalam
skala pengukuran termasuk kedalam kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa media video
motion graphic ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Video, Moton graphic, Sich Vorstellen, Bahasa Jerman
Abstract
This development research aims to produce a product in the form of a learning video media entitled "Let's
Learn Sich Vorstellen" which is suitable for use in the process of learning activities and as a learning
resource for students in Sich Vorstellen material for German language classes. Subject X at SMA Negeri 3
Bojonegoro. The development model used in this development research is the PUSTEKKOM development
model, which consists of 3 stages, namely: 1) Planning Phase; 2) Production Phase; 3) Evaluation Phase.
The trial subjects in this study were material experts consisting of 1 (one) German language teacher at
SMA Negeri 3 Bojonegoro and media experts who were competent in the field of media development
consisting of 1 (one) lecturer in the Department of Curriculum and Educational Technology. . at the State
University of Surabaya at least have taken a master's degree. In this study, a data collection technique
was used, namely a questionnaire and then converted using a Linkert scale to measure the percentage of
the questionnaire instrument. The results of the validity test were obtained from material experts by 94%,
while from media experts 96% for media, and 90% for accompanying materials. Based on the results of
the validity test which is converted into a measurement scale, it is included in the very feasible category.
So it can be concluded that this motion graphic video media is suitable for use in learning.
Keywords: Video Development, Motion Graphics, Sich Vorstellen, Germany

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diana Rizma Santika, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Mustaji Mustaji, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-02-10
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 205