PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PEMBUATAN POLA BUSANA SECARA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN PEMBUATAN BUSANA INDUSTRI KELAS XI DI SMKN 3 KEDIRI

Authors

  • Afifatul Khoirunnisa Universitas Negeri Surabaya
  • Utari Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian ini termasuk dalam kategori jenis pengembangan yang memiliki tujuan untuk mengetahui kelayakan dari media Video Pembelajaran Pembuatan Pola Busana Secara Digital Kelas XI Jurusan Tata Busana di SMKN 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki sebuah tahapan yang sederhana, mudah digunakan dan tentunya terstruktur yang artinya setiap tahapannya dilakukan secara urut, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi. Pengumpulan data yang diperoleh melalui hasil wawancara untuk mengetahui hambatan dan pengisian angket kuisioner untuk mengetahui kelayakan media. Analisis data angket yang digunakan adalah pengukuran dengan skala likert yang hasilnya menunjukkan presentase dari para ahli. Uji kelayakan RPP oleh ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 78,33%, uji kelayakan media video oleh ahli media memperoleh hasil 80,9%, uji kelayakan bahan penyerta oleh ahli media memperoleh hasil 85%, uji coba pengguna oleh peserta didik Kelas XI Jurusan Tata Busana SMKN 3 Kediri memperoleh hasil 87,5%, uji kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh hasil 100%%. Dari perolehan hasil uji kelayakan tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Video Pembelajaran Materi Pembuatan Pola Busana Secara Digital Kelas XI Jurusan Tata Busana di SMKN 3 Kediri layak dan dapat digunakan pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, media video pembelajaran, pembuatan pola busana.
Abstract
This research is included in the category of development type which has the aim of knowing the feasibility of the Learning Video media for Making Digital Clothing Patterns for Class XI Fashion Design Department at SMKN 3 Kediri. This study uses the ADDIE development model. The ADDIE model has a simple, easy-to-use and structured step, which means that each step is carried out sequentially, namely Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Collecting data obtained through interviews to determine the obstacles and filling out a questionnaire to determine the feasibility of the media. Analysis of the questionnaire data used is a measurement with a Likert scale whose results show the percentage of experts. RPP feasibility test by learning design experts got results 78.33% , media feasibility test by media experts got results 80,9%, the feasibility test of accompanying materials by media experts obtained results 85%, user trials by Class XI students in the Department of Fashion at SMKN 3 Kediri get results 87,5%, Material feasibility test by material experts got results 100%. From the results of the feasibility test, it can be concluded that the Learning Video Media for Digital Clothing Pattern Making Material for Class XI Fashion Design Department at SMKN 3 Kediri is feasible and can be used in the learning process.
Keywords: Development, instructional video media, fashion pattern making.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Afifatul Khoirunnisa, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Utari Dewi, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Downloads

Published

2022-02-10
Abstract views: 332 , PDF Downloads: 231