PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI CONDITIONAL SENTENCE PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO

  • Mia Mega Fiana Universitas Negeri Surabaya
  • Bachtiar Syaiful Bachri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan Media Pembelajaran yang layak untuk pembelajaran Bahasa Inggris materi Conditional Sentence kelas XI di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan menggunakan model pengembangan Lee & Owens, model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu, Assessment and analysis (penilaian dan analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari uji kelayakan yang diperoleh dari pengisian angket oleh ahli materi, ahli media, serta uji coba perorangan oleh peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Hasil dari angket uji kelayakan materi dan media dianalisis menggunakan skala pengukuran Likert. Setelah dilakukan uji kelayakan materi oleh ahli materi didapatkan persentase sebesar 100% yang tergang tergolong dalam kategori sangat baik atau layak, hasil uji kelayakan media oleh ahli media didapatkan persentase sebesar 85,56% yang tergolong dalam kategori sangat baik, dan hasil validasi bahan penyerta oleh ahli media didapatkan persentase sebesar 80% yang tergolong kategori baik, dan hasil uji coba yang dilakukan oleh pengguna mendapatkan hasil sebesar 86,37% yang masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Conditional Sentence Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Bahasa Inggris, Conditional Sentence
Abstract
This development research aims to produce appropriate learning media for learning English in XI grade, subject conditional Sentence at SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. This study uses research and development methods using the Lee & Owens development model, this model uses 5 stages of development, namely, Assessment and analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The data used in this study came from a feasibility test obtained from filling out questionnaires by material experts, media experts, and individual trials by XI grade students at SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. The results of the material and media feasibility test questionnaire were analyzed using a Likert measurement scale. After the material feasibility test was carried out by the material expert, the percentage was 100% so that it was included in the very good or decent category, the results of the media feasibility test by media experts obtained a percentage of 85.56% which was classified in the very good category, and the results of the validation of the accompanying material by experts media obtained a percentage of 80% which is classified as good category, and the results of trials carried out by users get results of 86,37% which fall into the very good category. So it can be concluded that the Development of Interactive Multimedia Conditional Sentence Material in English Subject Class XI SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto is feasible to use in learning activities.
Keywords: Development, Interactive Multimedia, English, Conditional Sentence

Author Biographies

Mia Mega Fiana, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Bachtiar Syaiful Bachri, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 20