PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATERI PENGAMALAN PANCASILA MATA PELAJARAN PPKN TEMATIK 8 SUBTEMA 2 KELAS 3 DI SDN 2 SUKO KABUPATEN SIDOARJO

  • Hendika Wahyu Putra Amanda Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan untuk tujuan mengembangkan media video animasi yang layak dan efektif pada materi pengamalan pancasila mata pelajaran PPKN tematik 8 subtema 2 kelas 3 di SDN 2 Suko. Materi pengamalan pancasila dapat membantu siswa memahami sifat-sifat pancasila untuk kehidupan sehari-hari karena siswa kurang memperhatikan dan sulit memahami materi, dikarenakan ada beberapa faktor proses belajar mengajar terlalu banyak teori dengan metode ceramah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media video animasi pembelajaran materi pengamalan pancasila yang dapat mendeskripsikan dan mengetahui keefektivitasan serta kelayakan. Media pengembangan yang dihasilkan berupa media video animasi pembelajaran materi pengamalan pancasila yang dilengkapi dengan buku panduan penyerta, cara penggunaan dan perawatan media. Pengembangan media video animasi ini menggunakan penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap yang ditempuh yaitu: analisis (analyze),perencanaan (design),pengembangan (development), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan metode kuisioner.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian ini adalah (1) sebuah video pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan konsep yang dibuat (2) hasil penelitian menunjukkan, video pembelajaran ini berada pada kategori sangat baik. Kualitas media ditinjau dari aspek materi pembelajaran, video pembelajaran ini
2
berada pada kategori baik. Kualitas media ditinjau dari aspek media pembelajaran termasuk kriteria, video pemblajaran ini berada pada kategori baik. Pada uji coba perorangan untuk kelas III a SD dan III bSD konveksi video pembelajaran ini jenisnya sangat bagus, untuk pelajaran uji coba konveksi kelompok kecil. Berapa banyak video pembelajaran yang termasuk sangat baik dan baik,dan lihat video pembelajaran sekolah konveksi yang termasuk dalam kategori sangat baik ini.
Kata Kunci: Pengembangan, media video animasi pembelajaran, pengamalan pancasila
ABSTRACT: This research was conducted to develop appropriate and effective animated video media on the material for practicing Pancasila in the thematic Civics 8 sub-theme 2 grade 3 subjects at SDN 2 Suko. The material for practicing Pancasila can help students understand the characteristics of Pancasila for everyday life because students pay less attention and have difficulty understanding the material because there are several factors in the teaching and learning process with too many theories using the lecture method. The purpose of this research and development is to produce animated video media learning material for the practice of Pancasila which can describe and determine its effectiveness and feasibility. The resulting development media is in the form of animated video media learning material for the practice of Pancasila which is equipped with accompanying guidebooks, on how to use and care for the media. The development of this animated video media uses research and development using the ADDIE development model. The stages taken are: analysis (analyze), planning (design), development (development), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). Methods of data collection using the questionnaire method. Data analysis used descriptive qualitative and quantitative descriptive analysis.The results of this study are (1) a learning video that has been developed based on the concept created (2) the results of the study show that this learning video is in the very good category. The quality of the media is viewed from the aspect of learning materials, this learning video is in a good category. The quality of the media in terms of the aspect of learning media including the criteria, this learning video is in a good category. In individual trials for class III (A)Elementary school and III (B) Elementary School this type of
3
learning video convection is very good, for small group convection trial lessons. How many learning videos are included in very good and good, and look at the convection school learning videos that fall into this very good category. Key Word:Development, learning animation video media, the practice of Pancasila

Author Biographies

Hendika Wahyu Putra Amanda, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd., Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 398