Pengembangan Media CAI (Computer Assisted Instruction) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Organisasi Kehidupan Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 30 Surabaya

  • Muhammad Umar Taufik Universitas Negeri Surabaya
  • Irena Y. Maureen Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Penelitian dilakukan untuk memproduksi media pembelajaran model CAI yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran pada materi Sistem organisasi kehidupan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII. Media pengembangan CAI ini menggunakan model pengembangan yang di kembangkan oleh Brog dan Gall yaitu model R&D. Menggunakan jenis data kualitatif dan data kuantitatif, pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian pengembangan media model CAI ini memiliki tujuan guna mengukur gap antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan media pembelajaran model CAI dalam proses pembelajaran. Dalam media pembelajaran CAI yang di kembangkan, diperoleh hasil validasi RPP sebesar 100% kategori sangat baik dan hasil validasi materi sejumlah 100% kategori sangat baik. Untuk Hasil validasi Media pembelajaran model CAI memperoleh nilai sebesar 93,1% kategori sangat baik, Sedangkan hasil dari pre-test dan post-test pada taraf signifikansi 5% yaitu ttabel = 1,99085, daerah penolakan H0 berada pada angka 1,99085 hingga (-1,99085) karena thitung = -3,6489932 berada pada penerimaan H0, maka dari nilai tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa data post test kelompok kontrol dan kelompok eksperimen terdapat perbedaan, padahal tingkat kemampuan kelompok kontrol dan eksperimen sama. Sehingga yang menjadikan hasil post test kelompok eksperimen dan kontrol adalah perbedaan perlakuan, jadi media pembelajaran model CAI efektif untuk mata pelajaran IPA materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII (tujuh) di SMP Negeri 30 Surabaya
Kata Kunci : Materi Sistem Organisasi Kehidupan, Pengembangan Media Pembelajaran CAI (Computer Assisted Instruction), Hasil Belajar Siswa.
Abstract
The research was conducted to produce a CAI model learning media that can increase the effectiveness and efficiency of learning on the material of the Life organization system of natural science subjects class VII. This CAI development media uses a development model developed by Brog and Gall, namely an R&D model. This research on the development of the CAI (Computer Assisted Instruction) model media has the aim of measuring the gap between student learning outcomes before and after the application of the CAI (Computer Assisted Instruction) model learning media in the learning process. In the CAI learning media developed, rpp validation results of 100% very good categories were obtained and material validation results of 100% very good categories were obtained. For the validation results of the CAI (Computer Assisted Instruction) model learning media obtained a score of 93.1% in the very good category, while the results of the pre-test and post-test at a significance level of 5% namely ttabel = 1.99085, the H0 rejection area was at 1.99085 to (-1.99085) because the calculation = -3.6489932 was in the H0 admission, therefore, from this value, it can be concluded that the post-test data of the control group and the experimental group have differences, even though the level of ability of the control group and the experiment is the same. So that what makes the post-test results of the experimental and control groups is the difference in treatment, so that the learning media model of Computer Assisted Instruction (CAI) is effective for science subjects material of life organization systems for grade VII (seven) students at SMP Negeri 30 Surabaya
Keywords: CAI Media Development (Computer Assisted Instruction), Life Organization System Materials, Learning Outcome

Author Biographies

Muhammad Umar Taufik, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Irena Y. Maureen, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 40