PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MATERI PENGEMBANGAN USAHA PADA MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN BISNIS KELAS X SMK NEGERI 1 JOMBANG

  • Gusti Abi Pradanu Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. Hari Sugiharto Setyaedhi, M.Si. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan produk media pembelajaran multimedia Interaktif untuk materi pengembangan usaha mata pelajaran perencanaan bisnis kelas X SMK Negeri 1 Jombang dan Multimedia Interaktif ini berbasis Android. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, model ini memiliki 5 tahapan: yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara dan angket, ditujukan kepada ahli materi dan media yang bertujuan untuk mengukur kelayakan Multimedia Interaktif. Peneliti menggunakan tolak ukur penilaian dengan skala Guttman dan selanjutnya akan diukur tingkat presentase kelayakan Multimedia Interaktif tersebut. Kelayakan materi pada multimedia interaktif yang dilakukan melalui uji coba Ahli Materi didapatkan presentase sebesar 100%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Pada uji coba Ahli Media didapatkan presentase sebesar 85%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran Pengembangan Usaha pada mata pelajaran Perencanaan bisnis kelas X SMK Negeri 1 Jombang.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pengembangan Usaha, Perencanaan bisnis.
ABSTRACT
This research aims to develop Interactive multimedia learning media products for business development materials for business planning subjects class X SMK Negeri 1 Jombang and Interactive Multimedia is based on Android. The development model used is the ADDIE model, this model has 5 stages: namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data retrieval techniques used are interviews and questionnaires, addressed to materials and media experts who aim to measure the feasibility of Interactive Multimedia. Researchers use assessment benchmarks with the Guttman scale and will then be measured the percentage level of interactive multimedia feasibility. The feasibility of materials in interactive multimedia conducted through the Material Expert trial obtained a percentage of 100%, which falls into the category of very feasible. In the Trial of Media Experts obtained a percentage of 85%, which belongs to the category is very feasible. From the above, it can be concluded that this interactive multimedia is suitable for use in business development learning in the subject of business planning class X SMK Negeri 1 Jombang.
Keywords : Development, Interactive Multimedia, Business Development, Business Planning.

Author Biographies

Gusti Abi Pradanu, Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Dr. Hari Sugiharto Setyaedhi, M.Si., Universitas Negeri Surabaya

TPĀ Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-06-03
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 52